RSS

Membeli Logam Mulia Langsung di Butik ANTAM

Logam Mulia ANTAM 100 gram

Logam Mulia sudah lama menjadi primadona investasi jangka panjang. Kenapa? karena nilai jualnya yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun dan bahkan selalu di atas nilai inflasi. Logam Mulia atau Emas juga mudah untuk dijual kembali, tidak seperti jenis investasi lain seperti misalnya rumah/tanah yang membutuhkan waktu cukup lama untuk proses penjualannya.

Jika ingin berinvestasi untuk masa depan, ada baiknya kita mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Seperti saya juga sedikit demi sedikit mulai melatih diri untuk disiplin berinvestasi Logam Mulia setiap bulan. Setiap orang punya goal sendiri-sendiri, bisa untuk membeli rumah impian, pendidikan anak, umroh, haji, dll. Apalagi sekarang Logam Mulia bisa dengan mudah dibeli, baik secara online dengan cara menabung misalnya melalui Aplikasi Tamasia atau membeli dengan cara dicicil di Pegadaian atau bisa juga secara tunai langsung di Butik ANTAM.

Berbagai pilihan sudah ada di depan mata kita, tinggal mana yang sesuai dengan kondisi keuangan kita masing-masing. Saya sudah pernah sharing pengalaman Pembelian Logam Mulia secara online dengan Tamasia. Sekarang saya akan share pengalaman pertama saya membeli Logam Mulia langsung di Butik ANTAM. Nanti Anda bisa bandingkan mana yang lebih cocok untuk Anda?

Butik ANTAM saat ini sudah membuka cabang di beberapa kota besar, salah satunya di kota tempat tinggal saya, Semarang. Lokasinya ada di Ruko DP Mall Semarang, Kav. A/7, Jl. Pemuda Blok A No. 150, Sekayu, Kota Semarang. Buka setiap hari Senin-Kamis jam 08.00-16.00 dan hari Sabtu jam 09.00-14.00. Sebelum Anda datang ke Butik ANTAM, ada baiknya cek harga terbaru dari Logam Mulia, karena harga emas yang berubah setiap hari. Anda bisa cek di website resmi ANTAM: www.logammulia.com atau bisa follow akun Instagram Butik ANTAM Semarang: @antamlogammuliasemarang dan cek harga harian di IG story.

Update Harga LM ANTAM Per Hari di IG Story

Pembelian Logam Mulia secara langsung ke Butik ANTAM sangat mudah, berikut prosesnya:

1. Pastikan Anda membawa KTP dan NPWP, ini berpengaruh pada harga. Jika Anda memiliki NPWP akan dikenakan pajak sebesar 0.45%, sedangkan jika tidak memiliki NPWP akan dikenakan pajak sebesar 0.9%.
  2. Ambil nomor antrian (disediakan oleh petugas security), tunggu hingga nomor Anda dipanggil.
  3. Setelah nomor antrian Anda dipanggil, sampaikan maksud Anda untuk membeli Logam Mulia (jumlah dan ukurannya).
  4. Petugas akan meminjam KTP dan NPWP Anda untuk membuat invoice pembelian.
  5. Anda membayar sesuai invoice, bisa cash atau debit dengan mesin EDC.
  6. Anda akan diberi lembar putih invoice dan NPWP, kemudian diminta untuk menunggu kembali (sementara petugas menyiapkan Logam Mulia yang dibeli).
  7. Nama Anda dipanggil, Anda masuk ke Loket pengambilan untuk mengambil Logam Mulia dan KTP.
  8. Proses selesai. Mudah sekali bukan?

Front Desk Butik ANTAM Semarang

Satu lagi tips dari saya, jika Anda berniat membeli Logam Mulia, pastikan untuk membeli segera setelah Anda menerima gaji atau mendapatkan THR/Bonus (maksimal 30% dari gaji, agar cash flow keuangan Anda tetap terjaga, atau sesuaikan dengan kemampuan Anda). Jangan terbalik, berniat membeli dengan sisa gaji, karena kemungkinan besar gaji Anda habis untuk kebutuhan lain yang tak terduga, ini pengalaman pribadi ๐Ÿ™‚

Posted by on 06/08/2019 in Investasi

Tags: , , , , , , , , , , ,

Bromo di Bulan Juni

Panorama di sekitar Kawah Bromo

Bulan Juni identik dengan libur sekolah. Libur sekolah identik dengan liburan keluarga. Untuk liburan keluarga kali ini kita memilih Bromo sebagai tujuan utama. Setelah sekian lama Bromo ada dalam Bucket List, alhamdulillah akhirnya bisa tercapai tahun ini. Formasi masih sama seperti sebelumnya, kita โ€œKeluarga Cemanaโ€ ada 8 personil (5 dewasa, 3 anak-anak).

Persiapan sebelum berangkat

Sebelum berangkat pastikan tidak ada barang yang tertinggal. Karena Bromo termasuk kategori wisata bersuhu dingin, persiapan harus benar-benar matang. Jangan sampai liburan jadi berantakan hanya karena persiapan yang kurang matang.

Panorama dari atas Bukit Cinta

Beberapa barang yang wajib dibawa:

• Pakaian tebal seperti jaket, sweater, kaos lengan panjang

(Kita anjurkan untuk memakai pakaian berlapis. Lapis pertama kaos lengan panjang, lapis kedua sweater, lapis ketiga jaket tebal, tapi pastikan tetap nyaman).

• Celana panjang dan legging

(Kita anjurkan untuk memakai celana berlapis. Lapis pertama legging/celana training, lapis kedua celana panjang, tapi pastikan tetap nyaman).

• Penutup kepala, syal, kaos tangan tertutup, masker, kaca mata

(Jika tidak punya/ lupa membawa di sekitar Homestay atau di lokasi wisata juga banyak yang menjual dengan harga terjangkau. Seperti syal atau penutup kepala Rp 15,000; kaos tangan Rp 10,000; masker Rp 5,000/3 pcs).

• Sepatu tertutup dan kaos kaki

(Ini wajib dipakai karena area wisata Bromo sangat berpasir. Bahkan dengan memakai sepatu tertutup dan kaos kaki saja, pasir masih bisa tembus).

• Obat-obatan, vitamin, sunscreen/ tabir surya

(Ini penting untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit; pertolongan pertama jika masuk angin; serta menjaga kulit agar tidak terbakar sinar matahari, karena sebenarnya panas mataharinya terik tapi tidak terasa karena suhunya yang dingin).

Jasa sewa kuda sedang menunggu wisatawan

Perlengkapan pendukung:

• Kamera, tripod

Bromo terkenal dengan pemandangannya yang luar biasa indah. Jangan sampai momen-momen langka seperti ini tidak diabadikan dengan baik. Usahakan membawa kamera DSLR/mirrorless dan tripod. Tapi kalau tidak ada, usahakan smartphone memiliki kamera dengan resolusi tinggi dan pastikan batere full.

• Peralatan masak

Karena kita menginap di homestay yang lengkap dengan fasilitas dapur, maka kita berencana untuk masak. Perlengkapan yang kita bawa diantaranya magic com, panggangan, kompor gas portable, panci, gelas, piring dan sendok plastik, pisau, cooler box (berisi bahan makanan), aneka bumbu, teh, kopi, gula, dst.

• Aneka snack dan minuman

Lebih baik menyiapkan aneka snack dan minuman untuk di perjalanan. Jadi tidak perlu sering berhenti di jalan.

Jeep sedang menunggu wisatawan

Hari Pertama (22 Juni 2019): Perjalanan Semarang โ€“ Bromo

Berangkat dari Semarang kira-kira pukul 07.30 masuk dari pintu tol Gayam Sari. Keluar pintu tol Probolinggo (Sukapura) pukul 11.30 (biaya tol kurang lebih Rp 400,000). Sudah waktunya makan siang, kita cari referensi kuliner terdekat dan menemukan Bakso Eddy Probolinggo yang jaraknya kurang lebih 5 KM ke arah kiri.

Letaknya persis di depan PT. Eratex Djaja. Tempatnya luas dan bersih. Walaupun ramai pengunjung, pelayanannya terbilang cepat. Harga per porsi bakso Rp 18,000. Setiap porsi isinya 6 buah jenis bakso (tahu bakso, bakso kotak, bakso urat, bakso isi, bakso halus, bakso goreng). Kalau mau tambah lontong juga bisa. Untuk urusan rasa tidak perlu dipertanyakan lagi, dijamin enak.

Homestay

Dari Bakso Eddy kita langsung menuju Homestay Mbak Lastri, jaraknya sekitar 30 KM, kurang lebih 1 jam perjalanan. Homestay ini berada di Kampung Quran Wonokerto Sukapura, lokasinya mudah untuk dicari. Tentu saja dengan bantuan Google Maps ๐Ÿ™‚

Kita sudah booking Homestay beberapa hari sebelumnya melalui aplikasi Agoda. Homestay ini ukurannya cukup luas, ada 3 kamar tidur (2 kamar dengan 2 bed) dan 1 kamar dengan 1 bed, 2 kamar mandi (masing-masing 1 di tiap lantai) lengkap dengan air hangat, dapur, ruang makan dan ruang TV. Lingkungannya asri dekat dengan Mushola dan perkebunan sayur warga.

Tanaman strawberry di perkebunan sekitar Homestay

Hari Kedua (23 Juni 2019): Kawasan Wisata Bromo Tengger – Solo

Kawasan Wisata Bromo Tengger

Ini hari yang ditunggu-tunggu, Tour Kawasan Bromo Tengger dimulai. Sebelumnya kita sudah sewa Jeep melalui Instagram (@sewa.jeepbromo). Sewa Jeep untuk 6 destinasi seharga Rp 700,000. Kita hanya menggunakan 1 Jeep. Kursi depan samping sopir diisi 1 dewasa 1 anak, belakang (kursi berhadapan) diisi 4 dewasa 2 anak.

Kita dijemput di Homestay pukul 03.00, perjalanan menuju Kawasan Bromo Tengger kurang lebih 1 jam. Sempat macet lumayan lama, karena banyaknya pengunjung. Kemungkinan jika lancar, hanya perlu 30 menit untuk sampai pintu masuk Kawasan Bromo.

Penanjakan 1

Sampai lokasi Penanjakan 1 sudah macet sekali, kira-kira pukul 04.30. Jeep parkir, kita lanjut jalan kaki (karena medan menanjak dan cukup jauh) akhirnya kita sewa ojek. Ojek dari Penanjakan 1 sampai Bukit Cinta Rp 50,000. Di sini ojeknya luar biasa, 1 ojek bisa membawa 2-3 orang sekaligus ๐Ÿ™‚

Bukit Cinta

Sampai lokasi Bukit Cinta kira-kira pukul 04.45. Di sini kita sholat subuh terlebih dahulu sebelum menaiki anak tangga untuk melihat sunrise dari atas bukit. Di lokasi ini banyak warung yang berjualan aneka makanan dan minuman. Yang paling laku tentu saja gorengan dan jagung bakar. Aneka macam gorengan harganya Rp 2,500; jagung bakar Rp 10,000.

Sunrise di Bukit Cinta

Tangga untuk mencapai bukit kurang lebih ada 200an anak tangga. Masya Allah perjuangan menaiki ratusan anak tangga terbayar dengan pemandangan matahari terbit yang luar biasa indahnya. Walaupun sempat kesulitan untuk mendapat spot foto karena jumlah pengunjung yang sangat banyak.

Pemandangan di Bukit Cinta

Kawah Bromo & Pura Poten

Puas menikmati pemandangan di Bukit Cinta kita langsung menuju ke Kawah Bromo. Jarak antara lokasi parkir Jeep dan anak tangga pertama Kawah Bromo lumayan jauh dengan medan berpasir dan jalan yang naik turun. Tapi tidak perlu khawatir karena di sana ada banyak kuda yang disewakan. Harga sewa kuda PP dari lokasi parkir Jeep ke area Kawah Bromo Rp 150,000. Atau Rp 100,000 jika hanya sampai ke Pura Poten. 1 kuda sebaiknya dinaiki 1 orang, jika dipaksakan diisi 2 orang berbahaya karena medannya yang susah.

Pemandangan dari atas Kawah Bromo

Setelah sampai lokasi, kuda akan parkir dan menunggu Anda hingga selesai menikmati pemandangan Kawah Bromo. Untuk bisa melihat Kawah Bromo, Anda harus menaiki anak tangga (lagi) yang jumlahnya kurang lebih 200an. Butuh perjuangan untuk bisa sampai atas, tapi setelah Anda berhasil sampai atas, semua lelah Anda terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah. Dari atas sini Pura Poten terlihat samar-samar di bawah tertutup kabut putih (atau lebih tepatnya debu/pasir yang bertebaran tertiup angin). Bukit-bukit kecil di sekitar kawah dengan latar belakang langit biru juga semakin menambah keindahan panorama.

Karena area untuk melihat kawah cukup sempit, dan banyaknya jumlah pengunjung, maka harus sangat berhati-hati dan memperhatikan sekeliling. Jangan sampai asik selfie dan berfoto tanpa memperhatikan keselamatan diri.

Pengalaman berharga tak terlupakan

Ada pengalaman berharga yang saya alami di sini. Kita berdelapan semua berkuda sendiri-sendiri, semua happy tidak ada masalah. Saat kita kembali dan sudah sampai lokasi parkir Jeep, tiba-tiba saja kuda yang saya tunggangi lari sekencang-kencangnya sampai Bapak pemilik kuda yang yang mendampingi saya kewalahan. Saya kaget dan tegang tapi alhamdulillah masih fokus dan berpegangan kencang, jadi tidak terjatuh/terlempar dari kuda. Si Bapak teriak ke saya, โ€œMbak jaketnya dibuang sajaโ€. Langsung seketika saya buang jaket saya dan alhamdulillah si kuda langsung berhenti dan jalan seperti biasa.

Foto terakhir sebelum turun dari Kuda

Jadi saat saya di atas Kawah Bromo, jaket luar saya lepas karena sudah siang dan suhu sudah tidak terlalu dingin. Jaket saya jepit/gantungkan di tas selempang. Saat kuda sampai lokasi parkir Jeep, persiapan turun, jaket tadi saya ambil/angkat dan saat itu juga kuda lari kencang tak terkendali. Ternyata menurut Bapaknya, si kuda ini takut/terganggu dengan jaket saya yang berkelebat-kelebat terkena angin dan mengenai badan si kuda.

Bukti Teletubbies/Savana

Bukit_Teletubbies_2

Sign Bukit Teletubbies

Destinasi selanjutnya adalah Bukit Teletubbies/Savana. Sesuai dengan namanya kita sudah bisa membayangkan seperti apa? Hamparan bukit-bukit kecil tertutup dengan rumput hijau luas membentang. Ditambah ada 4 orang berkostum teletubbies yang ada di lokasi. Dengan membayar Rp 10,000 pengunjung bisa berfoto dengan mereka.

Panorama di Bukit Teletubbies

Pasir Berbisik

Destinasi terakhir dari rangkaian tour ini adalah Pasir Berbisik. Sudah tidak asing dengan nama ini? benar sekali ini adalah lokasi syuting dari Film Pasir berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo. Lokasinya berupa hamparan pasir yang sangat luas dengan latar belakang gunung. Di sini biasanya pengunjung memanfaatkannya untuk berfoto dengan Jeep.

Kembali ke Homestay

Puas menikmati destinasi terakhir, kita keluar dari Kawasan Bromo Tengger kurang lebih pukul 10.30 langsung menuju Homestay. Sampai di Homestay kira-kira pukul 11.00 sesuai perkiraan dari Mas Ferry (sopir Jeep handal yang sekaligus jadi tour guide kita selama di Kawasan Bromo Tengger).

Kita istirahat sebentar, mandi, sholat dan makan siang di Homestay sebelum check out dan lanjut perjalanan ke destinasi selanjutnya. Setelah berdiskusi dengan berbagai pilihan akhirnya kita putuskan ke Solo (lagi) ๐Ÿ™‚

Perjalanan Bromo โ€“ Solo

Dari Homestay kira-kira pukul 13.00 langsung menuju Solo. Di perjalanan kita booking Hotel melalui aplikasi Tiket.com. Kita memilih Adhiwangsa Hotel and Convention Hall yang lokasinya ada di Jl. Adi Sucipto No. 146, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Sebelum ke Hotel kita mampir makan di Ayam Goreng Mbah Mus. Selain lokasinya dekat dan searah dengan Hotel, juga merupakan warung favorit kita. Ayam gorengnya gurih dan empuk, pokoknya dijamin puas makan di sini. Check-in Hotel kira-kira pukul 19.00.

Ayam_Goreng_Mbah_Mus_Solo_1

Daftar Menu Ayam Goreng Mbah Mus Solo

Hari Ketiga (24 Juni 2019): Solo โ€“ Bawen โ€“ Bandungan

Adhiwangsa Hotel and Convention Hall

Alhamdulillah semalam bisa istirahat dan tidur pulas setelah perjalanan yang cukup panjang dari Bromo. Pagi harinya sarapan di Resto Hotel. Tempatnya luas, variasi menunya cukup banyak dan rasanya juga enak. Jika di Hotel lain biasanya anak kita kena charge, di sini free tidak ada tambahan biaya lagi.

Setelah sarapan, anak-anak berenang di kolam renang yang lokasinya ada di depan Resto. Kolam renangnya cukup luas, dibagi menjadi 2; 1 untuk anak-anak dan 1 lagi untuk dewasa. Suasana di Hotel Adhiwangsa ini nyaman dan asri karena banyak pepohonan rindang di sekitar Hotel. Sangat cocok untuk liburan keluarga. Kita check-out pukul 12.00.

Hotel_Adhiwangsa_Solo_1

Kolam Renang Hotel Adhiwangsa Solo

Perjalanan Solo โ€“ Bawen

Keluar dari Hotel langsung menuju Bawen. Kira-kira perjalanan 30 menit sampai pintu keluar Tol Bawen. Tujuan kita selanjutnya adalah Dusun Semilir yang lokasinya hanya 5 menit dari pintu tol Bawen.

Dusun Semilir

Sampai di lokasi kira-kira pukul 13.00. Tiket masuk ke Dusun Semilir hanya Rp 5,000/orang. Untuk bisa transaksi di dalam lokasi, kita harus menggunakan kartu khusus. Kartu ini bisa dibeli di loket tiket yang berada di depan. Minimal pengisian saldo kartu Rp 50,000. Jangan khawatir karena jika saldo Anda masih sisa, bisa di refund/ diminta kembali saat keluar nanti (lokasi refund juga sama di loket tiket depan).

This slideshow requires JavaScript.

Sebenarnya Dusun Semilir ini belum 100% siap, masih banyak wahana yang masih proses pembangunan. Yang sudah siap adalah stand aneka jajanan di sepanjang lorong menuju Resto Sepoi-Sepoi yang berada di ujung. Berbagai jajanan yang dijual seperti mendoan, mie cool, putu, klepon, sosis bakar, gulali, jagung serut, dll. Seperti umumnya tempat wisata sudah pasti harganya relatif mahal jika dibandingkan harga di luar. Misalnya untuk mie cool per porsi Rp 20,000; mendoan per biji Rp 3,500; jagung serut Rp 15,000; aneka es krim mulai Rp 25,000 dst. Selain stand makanan juga ada berbagai oleh-oleh mulai dari makanan hingga aneka kerajinan yang bisa dibeli (letaknya sebelum pintu keluar).

Objek ini cocok untuk Anda yang suka berfoto, karena arsitekturnya yang unik dan banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan.

Bandungan

Destinasi terakhir dari rangkaian perjalanan liburan kita adalah Bandungan. Sebenarnya tujuan kesini hanya untuk beli gorengan, tahu serasi dan nangka ๐Ÿ™‚

Itulah tadi cerita singkat dari tiga hari perjalanan kita berdelapan. Sampai ketemu di perjalanan โ€œKeluarga Cemanaโ€ berikutnya.

“A good friend knows all your best stories, but a best friend has lived them with you”

Posted by on 01/07/2019 in Traveling

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Rehat Sejenak di The Wujil Resort & Conventions

The Wujil Resort & Conventions terletak di Jl. Soekarno Hatta No. Km 25.5, Wujil, Bergas, Semarang. Lokasinya dekat dengan berbagai tempat wisata seperti Cimory Valley, Banaran Coffee, Eling Bening, Umbul Sidomukti dan Bandungan. Namun jika Anda hanya ingin beristirahat di Hotel saja, The Wujil juga menawarkan berbagai fasilitas yang menarik.

Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati seperti Kolam renang (outdoor), Tempat bermain anak (indoor dan outdoor), Restoran, Lounge, Toko souvenir, Rental sepeda, Computer corner, dll.

Kolam renang bisa digunakan mulai jam 06.00 hingga 21.00. Kolamnya cukup luas dan terpisah dengan bangunan Hotel, tepatnya ada di bagian depan samping kiri. Terdapat 2 buah kolam; 1 untuk dewasa dengan kedalaman kira-kira 120 cm dan 1 untuk anak-anak. Kolam renang juga dilengkapi dengan fasilitas 2 buah perosotan; 1 perosotan pendek dan 1 perosotan melingkar dengan ketinggian kurang lebih 4 m. Jika malas berenang dan hanya ingin mengawasi anak-anak, Anda bisa memanfaatkan wheel lounger yang ada di tepi kolam.

Garden

Tempat bermain anak disediakan di dalam ruangan (dekat dengan Restoran), dilengkapi dengan ayunan, perosotan dan bean bag yang bisa digunakan untuk bersantai. Untuk playground yang di luar ruangan, dilengkapi dengan jungkat jungkit dan alat permainan lainnya. Di samping taman terdapat danau kecil yang bisa dimanfaatkan untuk bermain bebek air. Sewanya murah hanya Rp 15,000 untuk 15 menit atau Rp 25,000 untuk 30 menit. Bagi yang senang berswafoto, ada banyak spot menarik untuk menambah koleksi foto Instagram.

This slideshow requires JavaScript.

Restoran Taman Indah Sari berada di belakang lobby. Tempatnya luas, cocok untuk acara keluarga atau kantor. Suasananya sangat nyaman dan disediakan berbagai pilihan, termasuk area lesehan di gazebo dengan pemandangan ke taman. Menu yang disediakan beraneka ragam, yang didominasi masakan Indonesia. Harganya terjangkau, sesuai dengan rasa dan suasana yang ditawarkan. Restoran Taman Indah Sari juga memberikan diskon 15% untuk member MTP (My TAUZIA Privilege). Tenang saja jika belum menjadi member, karena waitress akan menawarkan. Anda cukup mengisi data diri, tanpa ada biaya tambahan, dan keanggotaan ini bisa langsung digunakan saat itu juga.

Toko Souvenir menyediakan berbagai pilihan oleh-oleh, mulai dari makanan hingga pakaian. Ini bisa dimanfaatkan jika Anda tidak sempat keluar Hotel untuk membeli buah tangan. Letaknya ada di samping kiri lobby dekat pintu masuk. Jika Anda ingin mengambil uang tunai, di belakang Toko juga ada mesin ATM.

Rental Sepeda disediakan di lobby dengan harga terjangkau; Rp 30,000 untuk 30 menit atau Rp 50,000 untuk 60 menit. Dengan sepeda Anda bisa berkeliling The Wujil sambil berolahraga. Untuk yang sedang dalam perjalanan dinas dan membutuhkan komputer, atau sekedar ingin menghabiskan waktu menjelajah internet, di lobby disediakan Computer corner. Ada 2 buah komputer yang terhubung ke internet.

Bangunan The Wujil Resort & Conventions terdiri dari 4 lantai. Hampir semua fasilitas tersebut ada di lantai 1; lantai 2 dan 3 untuk kamar, dan lantai 4 untuk Lounge. Agra Lounge digunakan untuk breakfast tamu hotel di pagi hari mulai jam 06.00-10.00 dengan pilihan menu yang beragam. Letaknya yang berada di rooftop menjadikan Lounge ini memiliki spot yang terbaik untuk menikmati makanan sambil melihat pemandangan luar. Saat weekend, di malam harinya digunakan untuk acara barbeque dan live music. Harga untuk menikmati barbeque per orang Rp 80,000.

Jika Anda ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk rutinitas kota, The Wujil Resort & Conventions bisa menjadi pilihan. Sangat cocok untuk berlibur dengan keluarga tercinta.

Posted by on 06/05/2019 in Traveling

Tags: , , , , , , ,

#AyoHijrah ke Bank Muamalat Indonesia, Hidup Lebih Berkah Tanpa Riba

#AyoHijrah Berani Lebih Baik

Alhamdulillah saya dilahirkan sebagai seorang muslim, dari keluarga muslim dan akan tetap menjadi muslim Insya Allah hingga maut menjemput nanti. Di usia sekarang, saya sadar bahwa ilmu agama yang saya miliki masih sangat terbatas. Tetapi dengan banyak belajar, mendengarkan, membaca dan mengikuti kajian; ilmu saya semakin bertambah. Salah satunya mengenai RIBA. Terutama riba dari bunga Bank yang sangat dekat dan tidak lepas dari kehidupan sehari-hari.

Saya tipe orang yang memikirkan jangka panjang, termasuk dalam hal keuangan. Hal ini membuat saya sangat tertarik dengan investasi. Sebelumnya ketika mencari informasi tentang investasi, saya hanya terfokus dengan penawaran bunga tinggi yang dapat melipat gandakan uang dengan cepat. Tanpa mencari tahu kebenarannya dari sisi Islam, apakah itu boleh atau tidak? Apakah itu halal atau haram?

Alhamdulillah pintu hati dan pikiran saya dibukakan oleh Allah SWT akan dahsyatnya bahaya riba. Momen #AyoHijrah saya terjadi di tahun 2012, ketika membaca salah satu hadist mengenai riba berikut ini:

โ€œRiba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.โ€ (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi dalam Syuโ€™abul Iman. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lainnya).

Na’udzubillahimindzalik, saat itu saya memiliki rekening deposito dan tabungan di 3 Bank konvensional, tabungan rencana pendidikan yang baru berjalan 1 tahun, dan unit link yang sudah berjalan 4 tahun. Saya langsung memutuskan untuk menutup semuanya dan hijrah ke Bank Muamalat Indonesia.

Mengapa Bank Muamalat Indonesia menjadi pilihan saya? Karena Bank Muamalat Indonesia merupakan Bank Syariah pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim. Selain itu Bank Muamalat Indonesia juga murni syariah dan tidak menginduk dari bank lain, sehingga dapat dipastikan kemurnian syariahnya lebih terjaga.

Dalam hal inovasi produk keuangan syariah, Bank Muamalat Indonesia juga tidak kalah dengan Bank lain. Produk dan layanan yang ditawarkan ke nasabah begitu beragam, diantaranya seperti Tabungan iB Hijrah Muamalat Prima, Tabungan iB Hijrah Muamalat Prima Berhadiah, Tabungan iB Hijrah Muamalat Rencana, Giro iB Hijrah Muamalat, Deposito iB Hijrah Muamalat, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri sebagai nasabah sangat puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan oleh Bank Muamalat Indonesia. Salah satunya ketika membuka Tabungan iB Hijrah Muamalat Prima Berhadiah, saya mendapatkan 1 buah kamera yang sudah lama saya impikan. Untuk transaksi sehari-hari, saya memiliki Tabungan iB Hijrah Muamalat Prima dengan Kartu Shar-E Debit Gold yang menawarkan banyak kelebihan. Diantaranya adalah fasilitas bebas biaya transfer hingga 25 kali dalam sebulan. Ini sangat membantu karena saya sering melakukan transaksi transfer ke Bank lain. Selain itu, saya juga bisa melakukan transaksi pengambilan uang tunai di ATM Bersama dan ATM Prima tanpa dikenakan biaya. Fasilitas lain yang memudahkan saya dalam transaksi adalah kehadiran Mobile Banking Muamalat. Dengan satu aplikasi berbagai transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pintar yang terjamin keamanannya.

Semenjak saya hijrah untuk meninggalkan riba, saya tidak berhenti mencari tahu tentang seluk beluknya. Ternyata bunga Bank hanya salah satu dari sekian banyak jenis riba yang ada di sekeliling kita. Bunga disini bukan berarti hanya bunga tabungan yang menambah uang kita tetapi juga bunga pinjaman. Jangan sampai kita terjerumus ke dalam riba hanya untuk memenuhi kebutuhan duniawi. Na’udzubillahimindzalik, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua.

Saya percaya, jika niat kita baik maka pasti akan dimudahkan oleh Allah SWT. Mungkin awalnya berat, tetapi semakin kita jauh dari riba hidup menjadi semakin tenang. Hidup seadanya dengan rezeki halal yang kita dapat, tidak perlu pusing memikirkan cicilan hutang atau takut dikejar penagih hutang.

#AyoHijrah menuju kehidupan yang lebih baik di dunia dan Insya Allah menjadi bekal di akhirat kelak. Seperti kampanye #AyoHijrah dari Bank Muamalat Indonesia yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah. Salah satunya berhijrah dalam hal layanan perbankan dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah Bank Muamalat Indonesia untuk hidup yang lebih berkah.

Posted by on 25/04/2019 in Serba Serbi

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Perjalanan Akhir Tahun 2018: The Lawu Park, Telaga Sarangan, Solo

The Lawu Park

Tidak terasa Tahun 2019 sudah memasuki minggu ke 3. Semoga belum terlalu basi untuk posting pengalaman perjalanan terakhir di tahun 2018. Alhamdulillah akhir tahun kemarin bisa menghabiskan waktu dengan sahabat tercinta. Untuk menghindari macet dan tempat wisata yang terlalu padat pengunjung saat libur Natal dan Tahun Baru, kita pilih tanggal 20-22 Desember 2018, kebetulan anak-anak sudah masuk libur sekolah.

Hari Pertama, Semarang > The Lawu Park

Berangkat tanggal 20 Desember 2018 pagi langsung menuju The Lawu Pak yang berada di Jl. Tawangmangu Magetan KM 9 Bulakrejo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar. Bisa dibilang The Lawu Park ini paket komplit untuk wisata keluarga karena di sini terdapat cottage, glamping, camping, spot foto, kuliner, taman bermain, outbond serta bisa berinteraksi langsung dengan binatang seperti kelinci dan domba. Untuk high season seperti ini, jika berencana menginap lebih baik booking jauh-jauh hari. Jangan sampai sudah di lokasi tapi kehabisan kamar.

Untuk informasi lengkap mengenai harga dan fasilitas dari The Lawu Park bisa langsung cek di akun Instagram: @the_lawupark atau Whatsapp: 081 299 428 124.ย

Sampai di lokasi kira-kira pukul 12.30, karena baru bisa check-in glamping pukul 14.00, kita menunggu di resto sambil istirahat, makan siang dan sholat sementara anak-anak bermain dengan domba di area bermain. Di sana disediakan mushola yang bentuknya cukup unik seperti Kaโ€™bah. Untuk resto-nya 2 lantai dan cukup luas. Menu yang disediakan juga beragam dengan harga yang terjangkau bahkan relatif murah.

Jika ingin berlibur ke sini harus dipersiapkan pakaian hangat, karena suhunya bisa mencapai 9ยฐC-15ยฐC, bahkan siang hari kabut sudah mulai turun. Kabutnya cukup tebal dan bertahan lama bisa sampai sehari penuh.

Konsep untuk cottage dan glamping dari segi desain dan tampilan luar sebenarnya cukup bagus, hanya saja masih perlu banyak ditingkatkan untuk fasilitas di dalamnya. Misalnya saja seperti glamping yang kita tempati hanya berisi 2 King size bed, TV dan kamar mandi kecil. Tidak ada air mineral, gula, teh/kopi apalagi kettle listrik untuk memanaskan air minum. Padahal ini penting apalagi untuk daerah yang dingin seperti di sini. Untung saja kita sudah persiapan membawa kompor gas kecil dan panci ๐Ÿ™‚

Cottage harganya lebih murah dari glamping karena ukurannya lebih kecil. Jika cottage hanya bisa untuk 2 orang, glamping bisa untuk 4 orang. Paket cottage mendapat free breakfast 2 orang, sedangkan glamping free breakfast 4 orang. Tapi jangan berharap breakfast seperti di hotel bintang, di sini sarapannya sederhana hanya teh panas dan nasi goreng dengan telor mata sapi.

Menu sarapan (1 paket dengan sewa Cottage/Glamping)

Malam hari kita keluar dari The Lawu Park turun ke pusat keramaian terdekat, kurang lebih 5 KM. Di sini ada berbagai kuliner malam yang cocok dengan suhu dingin seperti jagung, kacang, pisang dan ketela rebus, wedang ronde, bakso, dll. Tapi kita memilih untuk makan malam di GRIYA DHAHAR OMAH DUWUR. Sesuai namanya, letaknya lebih tinggi dari jalan raya, jadi dari atas sambil makan bisa melihat lalu lalang kendaraan di jalan raya. Menunya cukup lengkap, harga murah dan rasanya juga enak. Kalau tempatnya tidak istimewa, tapi cukup bersih. Di sini juga ada tempat untuk sholat.

Daftar Menu GRIYA DHAHAR OMAH DUWUR

Hari Kedua, Telaga Sarangan > Solo

Hari kedua kita explore The Lawu Park sampai anak-anak puas bermain, kemudian check-out dan menuju ke Telaga Sarangan yang jaraknya kurang lebih 8 KM. Tiket masuknya hanya Rp 10,000 untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak. Di sepanjang jalan dari area parkir hingga ke Telaga kita melewati deretan warung kaki lima yang menjual beraneka ragam oleh-oleh khas daerah sini. Jaraknya kurang lebih 500 meter, kalau malas jalan kaki kita bisa menyewa kuda sekalian untuk berkeliling Telaga.

Selain berkuda mengelilingi Telaga, kita juga bisa menyewa speedboat untuk berkeliling. Speedboat bisa untuk 4 orang, biaya sewanya Rp 60,000 satu kali putaran atau Rp 150,000 untuk tiga kali putaran. Karena berkuda sudah biasa dan banyak di tempat wisata lainnya,ย  kita lebih memilih untuk sewa speedboat. Anak-anak sangat antusias dan senang, bahkan mereka naik sampai 2 kali putaran ๐Ÿ™‚

Puas menikmati pemandangan Telaga Sarangan, kita kembali ke arah Tawangmangu untuk makan siang. Dari kemarin kita penasaran dengan sate kambing yang buka hanya siang hari ada di seberang GRIYA DHAHAR OMAH DUWUR. Akhirnya kesampaian juga makan di sini. Nama warungnya Sate Kambing Pak Pur, ternyata memang cukup terkenal dan ramai pembeli. Harga satenya murah sekali dibandingkan dengan harga sate kambing di Semarang. Untuk 10 tusuk sate kambing/sapi hanya Rp 16,000; tongseng/tengkleng Rp 14,000; gule Rp 12,000 dan nasi goreng Rp 12,000. Dengan harga murah, rasanya tidak kalah enak.

Makan siang sambil browsing hotel untuk menginap malam kedua, kita putuskan booking Hotel Syariah Solo, kebetulan dapat harga promo dari tiket.com ๐Ÿ™‚ Sampai hotel sudah sore, langsung istirahat. Malam harinya baru keluar untuk explore kuliner di Solo. Lokasi hotel dekat dengan Universitas Muhamadiyah Solo, biasanya kalau daerah kampus banyak kuliner enak dan murah. Akhirnya kita coba makan di Warung Gongso Mbak Ninie.

Daftar Menu Warung Gongso Mbak Ninie

Warungnya sederhana hanya rumah biasa yang disulap jadi tempat makan, tapi pembelinya ramai luar biasa sampai antri. Grab & Gojek juga banyak yang sedang menunggu pesanan. Wajar saja karena harganya murah dan varian menunya cukup banyak. Seperti namanya di sini hanya menyediakan aneka macam menu yang dimasak gongso.

Pagi harinya sarapan di Hotel, kemudian anak-anak berenang di Hotel sebelah. Karena Hotel Syariah tidak menyediakan kolam renang, jadi untuk pengunjung yang ingin berenang bisa di LOR-IN, lokasinya sangat dekat cukup jalan kaki saja. Sudah puas berenang kita kembali ke Hotel untuk istirahat dan packing siap-siap untuk pulang kembali ke Semarang.

“Friends that travel together stay together”

Kebetulan sekali jalan tol dari Solo ke Semarang baru saja diresmikan (sehari sebelumnya), perjalanan dari Solo ke Semarang hanya 1 jam saja. Menghabiskan waktu 3 hari 2 malam bersama dengan sahabat tercinta memang berbeda. Rasanya waktu terlalu cepat berlalu. Semoga di akhir tahun 2019 kita bisa melakukan perjalanan bersama lagi ke tempat baru yang lebih seru.