RSS

Tentang Teh

seduh teh

Berikut adalah fakta menarik tentang teh yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Minuman terpopuler kedua di dunia

Teh merupakan jenis minuman terpopuler kedua yang dikonsumsi oleh penduduk dunia. Minuman populer pertama adalah air. Jadi popularitas teh di seluruh dunia bahkan melebihi kopi.

2. Memiliki manfaat kesehatan luar biasa

Mengonsumsi dua cangkir teh setiap hari dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua cangkir teh setiap hari bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan kanker,  melindungi enamel gigi, dan melawan penurunan kekuatan ingatan ketika Anda semakin menua. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang meningkatkan tekstur kulit dan mencegah kerutan.

3. Semua teh berasal dari satu tanaman

Teh putih, hijau, atau hitam sebenarnya berasal dari satu tanaman, yaitu Camellia sinesis. Yang berbeda adalah masa pengambilan daun teh, disesuaikan dengan jenis teh yang diinginkan. Teh putih, hijau, atau hitam bergantung pada seberapa lama daun teh diproses dan dioksidasi. Sementara itu, teh herbal yang terbuat dari chamomile atau mint merupakan kategori yang berbeda. Begitu juga dengan teh merah yang tak terbuat dari teh, melainkan tanaman lain dari Afrika Selatan.

4. Beda teh, beda waktu penyeduhan

Setiap jenis teh membutuhkan waktu perendaman dan temperatur yang berbeda agar terasa sempurna. Misalkan teh putih harus direndam selama dua sampai tiga menit dalam air bersuhu 180 derajat. Sementara teh hijau harus direndam selama tiga menit pada suhu yang lebih panas. Sementara itu teh hitam, teh merah dan  teh herbal akan lebih nikmat ketika direndam selama lima sampai tujuh menit dalam air yang hampir mendidih.

Meskipun teh memiliki banyak kelebihan tetap saja ada dampak negatifnya juga. Untuk meminimalisir dampak negatif tersebut, buatlah teh dalam kadar kepekatan yang tidak terlalu kental dan hindari minum teh sesaat setelah makan. Sebab, minum teh setelah makan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat yang terkandung dalam teh dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Akibatnya, proses serapan protein menjadi terganggu dan berpotensi menambah kalori dalam tubuh, sehingga mengakibatkan kegemukan. “Kurang lebih satu jam setelah makan barulah Anda bisa minum teh”.

Menarik bukan? jadi tidak ada alasan untuk tidak menyukai teh.

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: