RSS

Sanseviera tanaman cantik dan bermanfaat favorit saya…

12 Dec

Sanseviera sering disebut juga dengan Snake Plant atau Mother Inlaw’s Tounge atau kalau di Indonesia dikenal dengan tanaman Lidah Mertua. Kira-kira kenapa ya kok bisa dikasih nama lidah mertua? kurang tahu pastinya, tapi menurut saya mungkin karena bentuknya yang tipis memanjang dengan ujung yang meruncing/tajam seperti lidah. Nah kenapa harus lidah mertua? bukannya semua orang juga punya bentuk lidah yang hampir sama? ini kemungkinan sangat lekat hubungannya dengan opini atau pendapat umum tentang mertua dari kaca mata menantu #IMO. Anyway cukup tentang mertuanya tidak perlu diperpanjang lagi biarkan ini menjadi misteri para mertua dan menantu he..he..he…

Back to Sanseviera, sebenarnya lebih spesifik yang biasa disebut dengan Lidah Mertua adalah salah satu dari varian sanseviera yang bernama Sansevieria Trifasciata Laurentii. Karena Sanseviera sendiri punya banyak sekali varian, beberapa diantaranya bisa dilihat di foto berikut:

Saya jatuh cinta dengan tanaman ini karena selain tampilannya yang minimalis, perawatannya juga mudah dan yang paling penting sangat bermanfaat untuk menyerap polusi udara. Ini sesuai dengan hasil penelitian dari NASA Clean Air Study bahwa Sanseviera mampu menjernihkan udara dengan menyerap beberapa racun seperti formaldehyde, xylene, dan toluene. Sansevieria memiliki proses metabolisme yang mampu menyerap karbon dioksida pada malam hari, dan melepaskan oksigen pada siang hari. Sehingga Sanseviera ini sangat cocok dijadikan tanaman indoor. Seperti di rumah, semua Sanseviera saya letakkan di dalam ruangan. Selain cantik untuk hiasan juga baik untuk kesehatan. Jangan lupa jika ada anak kecil di rumah perlu diperhatikan karena Sanseviera ini beracun jika sampai tertelan.

Yang belum punya Sanseviera di rumah, coba deh mulai tanam setidaknya 1 pot dulu, karena Sanseviera ini mudah dikembang-biakkan. Cukup beli 1 pot tunggu beberapa bulan pasti tumbuh tunas-tunas kecil yang bisa dipindahkan ke pot-pot lain. Atau yang punya lahan cukup luas bisa langsung ditanam di tanah atau taman sekitar rumah dijamin lebih cepat berkembang.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 12/12/2017 in Gardening

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: