RSS

Lewat Bawen wajib mampir Eling Bening dan Bakso Rahayu

03 Jul

Dengar Bakso Rahayu tidak sengaja dari saudara yang berkunjung saat lebaran. Dari ceritanya sepertinya Bakso Rahayu ini spesial dan lain dari yang lain, jadi penasaran pengen nyobain. Kebetulan sekali tidak perlu menunggu lama, masih di momen Hari Raya silaturahmi ke rumah saudara yang ada di Ungaran sekaligus mampir ke Eling Bening yang lagi ramai jadi tujuan wisata.

Eling Bening ini lokasinya dekat dengan terminal Bawen, biaya masuk per orang Rp 15,000 (anak-anak tidak dihitung), parkir mobil Rp 5,000. Karcis masuknya bisa ditukar dengan air minum aqua botol ukuran 500 ml. Lokasi wisatanya masih terus diperluas dan ditambah berbagai macam fasilitas. Di sana kita bisa melihat pemandangan sambil menikmati hidangan resto atau sekedar makan es krim atau sosis bakar. Untuk anak-anak bisa juga main flying fox atau berenang. Sekarang juga disediakan tenda untuk camping keluarga. Tapi tujuan utama kebanyakan wisatawan yang kesana adalah foto selfie dengan background pegunungan dan juga rawa pening.

Puas menikmati pemandangan di Eling Bening kita langsung pulang sambil mencari lokasi Bakso Rahayu. Ternyata lokasinya sangat mudah ditemukan ada di Jl. Raya Bawen-Semarang, kalau kita dari arah Bawen menuju Semarang ada di sebelah kiri jalan setelah Apac Inti.

Tempatnya cukup luas ada 2 lantai dan kebetulan saat kesana tidak terlalu ramai pengunjung. Begitu masuk kita langsung bisa melihat aneka macam bakso yang ditata rapi di dalam etalase kaca. Baksonya sangat beragam, ada bakso halus, bakso kasar (urat), bakso pangsit, bakso babat, bakso keju, dll (silahkan bisa lihat daftar menu). Bagi yang tidak suka bakso bisa pesan menu lain seperti rawon, ayam goreng, gule sapi, sop buntut, dll. Di sini juga menyediakan aneka macam wedang sepertiĀ  wedang roti, jahe, bajigur, dll.

Menu Makanan Bakso Rahayu

Kita langsung cari tempat di atas dan pesan menu. Karena rombongan 9 orang jadi pesan menunya juga beda-beda. Tidak lama menu yang kita pesan datang. Sebelum dimakan kebetulan sempat foto 3 macam bakso. Langsung cobain kuahnya dulu tanpa diberi sambal, saus, dll ternyata rasanya memang juara. Kalau kuahnya saja sudah enak apalagi baksonya. Bakso Rahayu ini jenis bakso yang kuahnya bening tidak berlemak jadi seger sekali.

Menu Minuman Bakso Rahayu

Saya pesan bakso pangsit, isinya bakso halus 3 buah dan pangsit goreng 2 buah (tanpa mie/bihun). Baksonya enak, kenyal dan terasa dagingnya tidak banyak campuran, pangsit gorengnya juga renyah dan enak. Untuk bakso kasar (urat) 1 porsi isi 3 buah (tanpa mie/bihun). Baksonya mantap sekali, walapun cuma 3 buah tapi pasti puas karena ukurannya besar. Untuk bakso mie isinya bakso halus 4 buah dan mie kuning.

Kalau saudara saya bilang Bakso Rahayu ini spesial memang benar, lain kali lewat ke arah Bawen pasti mampir lagi. Harganya memang cukup mahal dibandingkan dengan bakso lain tapi sesuai dengan rasanya. Dijamin puas makan di Bakso Rahayu. Saya heran kenapa saat browsing Bakso Rahayu tidak ada tulisan/review tentang Bakso Rahayu padahal warungnya sudah ada 20 tahun lebih dan sangat layak untuk direkomendasikan.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 03/07/2017 in Kuliner, Wisata

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: