RSS

Liburan dekat dan hemat ke Pantai Bandengan Jepara

19 Oct

sewa-pelampung-pantai-bandengan Orang Jepara dan sekitarnya pasti sudah tidak asing mendengar Pantai Bandengan. Ini merupakan salah satu pantai di Jepara yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota, selain Pantai Kartini. Saya dan keluarga termasuk salah satunya, karena lokasinya yang cukup dekat dari Semarang, sekitar 2,5 jam perjalanan dengan mobil.

Sebenarnya pertama kali ke Pantai Bandengan beberapa bulan yang lalu dengan keluarga besar, tepatnya hari Minggu, karena sangat ramai pengunjung jadi kami langsung naik perahu ke Pulau Panjang dan tidak sempat bermain-main di Pantai Bandengan. Untuk tiket perahu ke Pulau Panjang per orang Rp 15,000 (PP), sampai sekarang harganya masih tetap sama. Di Pulau Panjang Anda juga bisa bermain di pantai, justru di sana pasir dan airnya lebih bersih dibandingkan di Pantai Bandengan. Hanya saja di sana tidak ada persewaan pelampung atau alat permainan air lainnya.

Kali ini (untuk kedua kalinya) kami hanya bertiga dan sengaja memilih hari Sabtu agar tidak terlalu ramai dan bisa puas bermain di pantai. Sampai pintu gerbang beli tiket masuk, ditanya petugasnya “berapa orang?” saya bilang bertiga, tapi kata pertugasnya “bayar 2 saja” karena yang 1 anak kecil (anak saya usia 6 tahun). Tiket masuk per orang Rp 7,000; retribusi parkir mobil Rp 1,500 dan retribusi kebersihan Rp 500; jadi total yang saya bayar hanya Rp 16,000 saja.

Langsung masuk cari parkir mobil, karena sepi bisa pilih lokasi yang dekat jadi tidak terlalu jauh jalan kaki ke pantai. Di sepanjang pantai sudah banyak orang yang menyewakan tikar dan peralatan bermain seperti ban, pelampung, dll. Saya sewa tikar dan dapat lokasi strategis tepat di bawah pohon besar. Sewa tikar Rp 10,000 bisa dipakai sepuasnya. Anak dan suami asyik bermain air, saya bisa santai tiduran di pinggir pantai.

sewa-ban-pantai-bandengan

Di dekat pantai banyak penjual beraneka ragam makanan, pakaian dan oleh-oleh khas Jepara. Paling cocok kalau kesana siang hari makan rujak buah dan minumnya es kelapa muda. Harganya juga terjangkau, misalnya rujak buah 1 porsi Rp 10,000 bisa untuk dua orang. Atau kalau Anda mau bawa bekal makanan dari rumah juga bisa, tidak ada larangan membawa makanan/minuman dari luar.

sewa-tikar-pantai-bandengan

Puas bermain air kurang lebih dua jam, waktunya bilas/mandi dan ganti baju. Di dekat lokasi parkir ada banyak tempat bilas yang menyediakan air bersih cukup bayar Rp 2,000 per orang.  Badan bersih, pikiran segar, saatnya pulang dan mencari makan siang 🙂.

Jadi kalau Anda sedang merencanakan berwisata dengan keluarga dengan biaya yang terjangkau, Pantai Bandengan bisa menjadi salah satu alternatif.

 
Leave a comment

Posted by on 19/10/2016 in Wisata

 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: