RSS

Soto ayam enak di Semarang

06 Oct

soto-ayamSoto sudah menjadi salah satu makanan favorit semua orang dan mudah ditemukan dimana saja. Jenisnya juga beragam, mulai dari yang berkuah bening hingga yang berkuah santan kental, mau daging ayam atau sapi? Semua tergantung selera masing-masing. Tapi kali ini yang dibahas khusus soto ayam.

Nah yang mau saya bahas sekarang ini soto enak yang ada di kota Semarang menurut versi saya (jadi jangan protes kalo warung soto favoritnya nggak ada di daftar ini), saya berani bilang enak karena hampir semua soto yang saya tulis di bawah ini ramai pengunjung setiap hari. Kalau tidak percaya silahkan dibuktikan.

1. Soto Pak Oji

Letaknya ada di depan SD Islam Annisa daerah Indraprasta Semarang. Yang jadi favorit saya di sini adalah tempe gorengnya…. Hmmmmmm gurih, renyah dan juara pokoknya. Belum ada yang ngalahain. Saya sudah coba tempe goreng di warung-warung soto yang lain belum ada yang seenak sini. Kalo sate sih relatif sama dengan soto-soto lain. Tapi yang bikin beda di sini juga ada ayam goreng, nah favorit saya juga nih hati ampela-nya. Kalau yang suka kepala juga ada, asyik banget tuh makan soto sama kepala goreng.

2. Soto Pak Jhon

Mungkin soto ini belum banyak yang tahu, karena selain tempatnya kecil juga kurang representatif. Nah ini cocok banget dengan peribahasa “don’t judge a book by its cover” karena walaupun tempatnya kurang meyakinkan tapi rasanya juara….

Tempatnya ada di Jalan Ariloka, kanan jalan seberangnya Indomaret. Bukanya agak siang sekitar jam 9 tapi jam 12an sudah habis, gila kan? Katanya kadang-kadang buka juga malam hari, tapi beberapa kali saya kesana tutup terus.

Kalau Anda kesana harus siap-siap berdiri dulu antri biar dapat giliran tempat duduk.

Sotonya seger banget, lauknya juga komplit, tempe, perkedel, sate, krupuk semua ada.

3. Soto Mbak Lin

Kalau Soto Mbak Lin pasti sudah banyak yang taulah, ada di depan stadion Diponegoro Semarang. Tempatnya luas cocok buat acara makan dengan keluarga besar. Soto Mbak Lin ini jenis soto yang bersantan, jadi kalau yang menghindari santan lebih baik cari soto yang lain saja. Porsinya kecil, jadi kalau makan di sana minimal 2 porsilah. Favorit saya kalau di sini adalah sate paru goreng-nya, wuih dijamin renyah, gurih dan nagih. Kalau tempe goreng sih masih kalah sama Soto Pak Oji.

4. Soto Pak Banjar

Soto Pak Banjar ini sudah punya beberapa cabang, tapi yang saya coba ada di Jl. Mlaten Trenggulun, pas di pojokan pinggir jalan. Sotonya seger sepertinya pakai santan tapi tipis, tidak sekental Soto Mbak Lin. Lauknya komplit, tapi favorit saya di sini sate jeroan ayam (ampela ati) kering tanpa kuah. Kalau Anda suka sate basah/berkuah yang seperti biasanya juga ada.

soto-ayam-pak-banjar

Kalau warung soto yang lain menurut saya belum seenak yang di atas, misalnya yang saya sudah pernah nyobain: Soto Pak Mul (rombongan) Anjasmoro, Soto Pak Moel Batan, Soto Pak Kacang Pusponjolo, Soto Pak Kempling Kranggan, Soto Bu Nasiri Kranggan, Soto Pak Muh Jl. Gajah Mada, Soto Pak Kasri Kaligarang, Soto Mas Met Indraprasta, Soto Pak Ra’an, Soto Neon, Soto Kimar Ngaliyan, dll.

Sekali lagi kalau masalah rasa itu selera, jadi jangan maksain selera kita ke orang lain 🙂

 
Leave a comment

Posted by on 06/10/2016 in Kuliner

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

 
