RSS

Beberapa definisi yang digunakan dalam Standar SA 8000

07 Aug

social_accountabilityBeberapa waktu yang lalu saya pernah menulis mengenai “Social Accountability (SA 8000)”, yaitu standar yang banyak mengatur tentang hak dan kewajiban pemberi kerja serta hubungannya dengan pekerja. Standar ini sudah mulai diterapkan oleh beberapa Perusahaan di Indonesia, meskipun belum banyak.

Di dalam standar SA 8000 ada beberapa definisi yang sering digunakan. Untuk lebih mudah memahami persyaratan dalam standar SA 8000, maka Anda harus terlebih dahulu memahami istilah-istilah yang digunakan agar tidak terjadi kesalahpahaman atau salah penafsiran. Definisi ini ada pada bagian II dari Standar SA 8000.

  1. Definisi dari perusahaan (company): Keseluruhan organisasi atau badan usaha yang bertanggung jawab untuk menerapkan persyaratan Standar SA 8000, termasuk semua personil di dalamnya (misalnya: direktur, eksekutif, manajemen, supervisor, dan staf non-manajemen, baik dipekerjakan secara langsung, dikontrak atau mewakili perusahaan).
  2. Definisi dari pemasok/subkontraktor: Sebuah badan usaha yang menyediakan perusahaan dengan barang dan/atau jasa integral ke, dan digunakan dalam/untuk, produksi barang dan/atau jasa perusahaan.
  3. Definisi dari subkontraktor/sub-pemasok: Sebuah badan usaha di dalam rantai pasok (supply chain) yang, secara langsung atau tidak langsung, menyediakan pemasok dengan barang dan/atau jasa integral ke, dan digunakan dalam/untuk, produksi barang dan/atau jasa pemasok.
  4. Definisi dari tindakan perbaikan (remedial action): Tindakan yang diambil guna menebus kesalahan terhadap pekerja atau mantan karyawan untuk pelanggaran hak-hak pekerja sebelumnya sebagaimana diatur dalam SA 8000.
  5. Definisi dari tindakan perbaikan (corrective action): Pelaksanaan perubahan sistemik atau solusi untuk memastikan perbaikan segera dan berkelanjutan terhadap ketidaksesuaian.
  6. Definisi dari pihak yang berkepentingan (interested party): Individu atau kelompok yang bersangkutan dengan atau terpengaruh oleh kinerja sosial perusahaan.
  7. Definisi dari anak (child): Setiap orang di bawah 15 tahun, kecuali jika hukum setempat menetapkan usia minimal yang lebih tinggi untuk bekerja atau wajib sekolah, dalam hal ini usia yang lebih tinggi akan berlaku. Namun, jika usia minimal berdasarkan hukum setempat ditetapkan pada usia 14 tahun sesuai dengan pengecualian negara berkembang di bawah Konvensi ILO 138, usia yang lebih rendah akan berlaku.
  8. Definisi dari pekerja muda (young worker): Setiap pekerja di atas usia anak sebagaimana ditetapkan di atas dan di bawah usia 18 tahun.
  9. Definisi dari pekerja anak (child labor): Setiap pekerjaan yang dilakukan oleh anak yang lebih muda dari definisi anak yang ditetapkan di atas, kecuali sebagaimana diatur oleh Rekomendasi ILO 146.
  10. Definisi dari pekerja paksa (forced labor): Semua pekerjaan atau jasa yang diambil dari setiap orang di bawah ancaman hukuman yang mengatakan orang tersebut tidak menawarkan dirinya sendiri dengan sukarela atau pekerjaan atau jasa yang dituntut sebagai sarana pembayaran hutang.
  11. Definisi dari remediasi anak (remediation of children): Semua dukungan dan tindakan yang diperlukan untuk menjamin keamanan, kesehatan, pendidikan, dan pengembangan anak yang telah menjadi pekerja anak, sebagaimana ditetapkan di atas, dan diberhentikan.
  12. Definisi dari pekerja rumah (homeworker): Seseorang yang melakukan pekerjaan untuk suatu perusahaan di bawah kontrak langsung atau tidak langsung, selain di tempat perusahaan, untuk pemberian upah, yang menghasilkan penyediaan produk atau jasa yang ditetapkan oleh pemberi kerja, terlepas dari siapa yang memasok peralatan, bahan atau input lain yang digunakan.

Semoga sedikit tulisan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai sertifikasi khususnya SA 8000.

 
Leave a comment

Posted by on 07/08/2015 in Sertifikasi

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: