RSS

Bagian-bagian dari komputer (bag-2)

24 Jun

Mouse

Mouse merupakan perangkat kecil digunakan untuk menunjuk dan menyeleksi item di dalam layar komputer Anda. Meskipun mouse datang dalam berbagai bentuk, namun bentuknya tetap terlihat seperti mouse yang sebenarnya. Fisiknya kecil, lonjong, dan terhubung ke sistem dengan kabel panjang yang menyerupai ekor. Beberapa mouse ada yang nirkabel/wireless.

Mouse biasanya memiliki dua tombol: Tombol utama (biasanya sebelah kiri) dan tombol sekunder (sebelah kanan). Banyak mouse juga memiliki roda diantara kedua tombol, yang memungkikan Anda untuk bergulir (scroll) pada layar informasi.

Ketika Anda memindahkan mouse dengan tangan, sebuah pointer pada layar Anda akan bergerak dalam arah yang sama. Penampilan pointer berubah sesuai dengan dimana posisinya pada layar. Jika Anda ingin menyeleksi suatu item, arahkan ke item kemudian klik (tekan dan lepas) tombol utama.

mouse

Keyboard

Keyboard digunakan terutama untuk mengetik teks. Seperti halnya dengan mesin ketik, keyboard memiliki tombol untuk huruf dan angka, dan juga tombol khusus:

  • Tombol fungsi, terdapat pada baris atas, melakukan fungsi yang berbeda tergantung dimana mereka digunakan.
  • Tombol numerik, terletak di sisi kanan dari kebanyakan keyboard, memungkinkan Anda untuk memasukkan angka dengan cepat.
  • Tombol navigasi, seperti tombol panah, memungkinkan Anda untuk berpindah posisi dalam sebuah dokumen atau halaman web.

Anda juga dapat menggunakan keyboard untuk melakukan pekerjaan yang biasa Anda gunakan dengan mouse.

keyboard

Monitor

Monitor menampilkan informasi dalam bentuk visual, menggunakan teks dan grafik. Bagian dari monitor yang menampilkan informasi disebut dengan layar. Seperti halnya layar televisi, layar komputer bisa menampilkan gambar bergerak atau gambar mati.

Ada dua jenis dasar dari monitor: CRT (cathode ray tube-gambar sebelah kanan) dan LCD (liquid crystal display-gambar sebelah kiri). Kedua jenis ini menghasilkan gambar yang tajam, namun monitor LCD memiliki kelebihan lebih tipis dan ringan.

monitorPrinter

Printer mentransfer data dari komputer ke kertas. Anda tidak membutuhkan printer untuk menggunakan komputer, namun bila Anda memilikinya maka akan memungkinkan untuk mencetak/print e‑mail, kartu, undangan, laporan, dan lain sebagainya. Banyak orang juga senang mencetak fotonya sendiri di rumah.

Seperti halnya monitor, printer juga memiliki dua jenis dasar yaitu inkjet printers dan laser printers. Inkjet printers merupakan printer yang populer untuk penggunaan di rumah. Printer ini dapat mencetak hitam putih atau berwarna dan dapat menghasilkan kualitas foto yang baik jika menggunakan kertas khusus untuk foto. Sedangkan Laser printers lebih cepat dan umumnya lebih mampu mengatasi penggunaan dalam jumlah besar, sehingga sering digunakan di perkantoran.

printers Speakers

Speakers digunakan untuk memainkan suara. Bisa digabungkan menjadi satu dengan sistem atau dihubungkan dengan kabel. Speakers memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dan efek suara dari komputer Anda.

speakerModem

Untuk menghubungkan komputer Anda dengan Internet, Anda membutuhkan modem. Modem merupakan suatu perangkat yang mengirim dan menerima informasi komputer melalui saluran telepon atau kabel kecepatan tinggi. Modem kadang-kadang menjadi satu dalam sistem, namun untuk modem berkecepatan lebih tinggi biasanya menjadi komponen terpisah.

modem

Untuk mendapatkan tulisan di atas dalam bentuk pdf, silahkan klik link berikut: seduhteh-bagian-bagian dari komputer (bag-2)

 
Leave a comment

Posted by on 24/06/2015 in Windows

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: