RSS

Bagian-bagian dari komputer (bag-1)

23 Jun

Jika Anda menggunakan komputer desktop, pasti Anda sudah tahu jika tidak ada satupun bagian yang bernama “komputer”. Sebuah komputer merupakan suatu sistem dari banyak bagian yang bekerja bersama. Bagian fisik yang bisa Anda lihat dan sentuh, disebut sebagai hardware. Sedangkan Software, merupakan instruksi atau program, yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh hardware.

Gambar di bawah menunjukkan hardware yang paling umum pada sebuah komputer desktop. Mungkin sistem komputer Anda terlihat sedikit berbeda, tetapi pasti terdapat sebagian besar dari bagian-bagian ini. Komputer laptop memiliki bagian-bagian yang hampir sama namun digabungkan menjadi satu unit.

bagian-bagian komputer

System unit

Unit sistem merupakan inti dari sistem komputer. Biasanya berupa kotak persegi panjang ditempatkan di bawah meja. Di dalam kotak ini terdapat banyak komponen elektronik yang memproses informasi. Yang paling penting dari komponen ini adalah central processing unit (CPU), atau microprocessor, yang bertindak sebagai “otak” dari komputer Anda. Komponen lain adalah random access memory (RAM), yang sementara menyimpan informasi yang digunakan oleh CPU saat komputer nyala. Informasi yang disimpan di dalam RAM dihapus saat komputer dimatikan.

Hampir setiap bagian lain dari komputer terhubung ke unit sistem menggunakan kabel. Kabel dimasukkan ke port khusus, biasanya di belakang unit sistem. Hardware yang tidak bagian dari unit sistem kadang disebut dengan perangkat periperal.

CPU

Penyimpanan

Komputer Anda memiliki satu atau lebih disk drive. Disk tetap menyimpan informasi meskipun komputer Anda dimatikan.

  • Hard disk drive

Hard disk drive komputer Anda menyimpan informasi di dalam hard disk. Hard disk adalah piring kaku/ tumpukan piring-piring dengan permukaan magnetik. Karena hard disk dapat menyimpan informasi dalam jumlah besar, maka biasanya berfungsi sebagai perangkat penyimpanan utama dari komputer, menyimpan semua program dan file. Hard disk drive biasanya terletak di dalam unit sitem.

hard disk

  • CD and DVD drives

Hampir semua komputer saat ini dilengkapi dengan CD atau DVD drive, biasanya terletak di bagian depan unit sistem. CD drive menggunakan laser untuk membaca data dari CD; banyak CD drive juga dapat merekam data ke CD. Selain itu Anda juga dapat menggunakan CD drive untuk memainkan CD musik di komputer.

DVD drive dapat membaca DVD dan melakukan apapun yang bisa dilakukan dengan CD drive. Jika Anda memiliki DVD drive, Anda dapat melihat film di komputer. Banyak DVD drive dapat merekam data ke dalam DVD kosong.

CD

  • Floppy disk drive

Floppy disk drive lebih dikenal dengan istilah disket. Dibandingkan dengan CD dan DVD, disket hanya dapat menyimpan data dalam jumlah kecil. Disket juga mengambil informasi lebih lambat dan lebih rentan rusak. Untuk itu disket saat ini sudah tidak banyak digunakan, meskipun masih ada beberapa yang menggunakan.

disket

Untuk mendapatkan tulisan di atas dalam bentuk pdf, silahkan klik link berikut: seduhteh-bagian-bagian dari komputer (bag-1)

 
Leave a comment

Posted by on 23/06/2015 in Windows

 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: