RSS

Bekerja dengan gambar digital dalam Windows (bag-3)

25 Jun

Seperti yang sudah saja janjikan sebelumnya, ini merupakan lanjutan dari tulisan Bekerja dengan gambar digital dalam Windows (bag-1) dan Bekerja dengan gambar digital dalam Windows (bag-2) yaitu mengenai cara mengorganisir dan menemukan file gambar digital.

Jika Anda memiliki koleksi gambar yang banyak di dalam komputer. Maka akan sulit menemukan gambar tertentu. Tools di dalam Pictures library dapat membantu Anda untuk menemukan gambar dengan lebih mudah.

Mencari gambar berdasarkan tanggal

Kamera digital melabeli gambar dengan tanggal pengambilan. Dalam Pictures library Anda dapat mencari gambar berdasarkan tahun, bulan atau hari pengambilan.

Untuk mencari gambar berdasarkan tanggal, klik search box pada Pictures library, klik Date taken, dan pilih tanggal, bulan, tahun atau periode waktu lain.

Menambahkan label/tag pada gambar

Anda dapat menggunakan Pictures library untuk menambahkan label/tag. Label merupakan kata atau frase bermakna yang menggambarkan siapa atau apa yang ada di dalam gambar dan kapan gambar tersebut diambil. Melabeli gambar membuatnya lebih mudah dicari di kemudian hari, karena Anda dapat dengan mudah menampilkan gamabr dengan tag yang sama.

Jika Anda merasa melabeli gambar satu persatu sangat menyita waktu, Anda dapat menambahkan tag ke seluruh gambar sekaligus. Misalnya, Anda dapat menambahkan tag “Wisuda” ke 30 gambar sekaligus. Untuk menambahkan tag ke gambar, ikuti langkah berikut:

  1. Pada Pictures library, pilih gambar yang ingin Anda tag. Untuk menyeleksi lebih dari satu gambar, tekan tahan tombol Ctrl saat Anda mengklik gambar.
  2. Pada panel rincian di bawah Pictures library, klik Add a tag, ketikkan nama tag di dalam kotak, tekan Enter. Maka tag akan ditambahkan ke semua gambar yang dsieleksi. Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin tag yang Anda inginkan.

Menemukan gambar berdasarkan tag

Setelah Anda member tag pada gambar di dalam Pictures library, maka akan sangat mudah untuk menemukannya kembali. Cukup ketikkan tag di dalam search box. Semua gambar dengan tag tersebut akan muncul.

Misalnya saja pada contoh di bawah, dengan mengetikkan Animals pada search box maka semua gambar dengan tag “Animals” muncul di Picture library. Jika ada gambar yang memiliki kata “animals” pada nama file, juga akan ikut muncul.

search by tag

Jika Anda tidak bisa mengingat tag apa yang pernah Anda buat, klik search box, klik Tags, kemudian klik salah satu tag untuk melihat daftar gambar dengan tag tersebut.

Insha Allah masih akan ada tulisan lanjutan mengenai tema gambar digital dalam Windows. Silahkan download tulisan di atas dalam bentuk pdf berikut: seduhteh-bekerja dengan gambar digital dalam windows (bag-3)

 
Leave a comment

Posted by on 25/06/2014 in Windows

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: