RSS

Bekerja dengan gambar digital dalam Windows (bag-2)

24 Jun

Lanjutan dari tulisan sebelumnya Bekerja dengan gambar digital dalam Windows (bag-1) tetapi kali ini akan membahas mengenai Pictures library dan Windows Photo Viewer

Pictures library adalah cara utama untuk mencari dan mengatur gambar pada komputer Anda. Untuk membuka Pictures library, klik tombol Start, dan klik Pictures.

pictures library

Windows Photo Viewer adalah fitur di dalam Windows yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan dan mencetak gambar digital. Double-click gambar di dalam Pictures library untuk membukanya dalam Windows Photo Viewer.

Windows Photo Viewer dan Pictures library dapat melakukan beberapa hal yang sama. Misalnya, Anda dapat menampilkan gambar, mencetak gambar, dan melihat slide show dari gambar baik dari Pictures library atau Photo Viewer. Jadi, mana yang harus Anda gunakan?

Secara umum, Pictures library adalah tempat untuk mencari dan mengorganisir file gambar. Pictures library memungkinkan Anda melihat semua gambar di dalam satu tempat dan membuetnya mudah untuk menampilkannya berdasarkan tanggal, tag, dan kriteria lainnya. Gunakan Windows Photo Viewer, Anda dapat merotasi gambar, zoom in, melihat gambar pada ukuran penuh dan slide show.

Menggunakan thumbnails

Pictures library memungkinkan Anda menampilkan file gambar sebagai thumbnails (versi ukuran kecil dari gambar). Untuk mengubah ukuran thumbnails, klik pada Views button, kemudian pilih pilihan yang sesuai. Mengubah ukuran thumbnail tidak akan berpengaruh pada versi ukruan penuh dari gambar.

Memutar gambar

Anda dapat memutar gambar dengan cara klik pada tombol Rotate counterclockwise (berlawanan jarum jam) atau Rotate clockwise (searah jarum jam).

Melihat gambar dalam ukuran penuh

Untuk melihat gambar dalam ukuran penuh, double-click gambar dalam Pictures library. Untuk melihat gambar dalam ukuran yang terbesar, maksimalkan (maximize) Photo Viewer window.

Untuk memperbesar bagian dari gambar (zoom in), klik tombol Zoom dan geser slider ke atas. Ketika Anda memperbesar, Anda dapat menggeser (drag) bagian manapun dari gambar dengan hand pointer. Untuk kembali ke tampilan biasa, klik tombol Fit to window.

Melihat slide show gambar 

Anda dapat melihat gambar digital sebagai full-screen slide show yang berjalan secara otomatis. Untuk memulai slide show, double-click gambar untuk membukanya di Photo Viewer, dan kemudian klik tombol Play slide show di bagian bawah Photo Viewer. Slide show akan mencantumkan semua gambar yang ada di dalam folder yang sama dengan gambar yang pertama kali dibuka.

Saat slide show berjalan, Anda dapat menghentikannya (pause), mengatur kecepatan (speed), maju (forward) atau mundur (backward), dan memilih apakah gambar akan ditampilkan secara acak (random) atau berurutan (sequential). Untuk menampilkan slide show controls, klik kanan slide show.

Untuk mengakhiri slide show, tekan Esc, atau klik Exit pada shortcut menu slide show.

Insha Allah masih akan ada tulisan lanjutan mengenai tema gambar digital dalam Windows.

Silahkan download tulisan di atas dalam bentuk pdf berikut: seduhteh-bekerja dengan gambar digital dalam windows (bag-2)

 
Leave a comment

Posted by on 24/06/2014 in Windows

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: