RSS

Bekerja dengan gambar digital dalam Windows (bag-1)

23 Jun

Saat ini perkembangan fotografi berkembang sangat pesat, orang tidak perlu lagi pergi ke studio foto untuk mencetak fotonya, mereka dapat mencetaknya sendiri dengan printer di rumah. Windows memiliki beberapa tools yang sangat membantu Anda dalam menampilkan, mengorganisir dan mencetak gambar digital.

Memindahkan gambar dari kamera ke komputer

Kebanyakan kamera digital menyimpan gambar di dalam CompactFlash memory card atau Secure Digital (SD) card. Jika Anda ingin mencetak gambar digital, Anda perlu meng-impornya ke komputer terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat menghapusnya dari memory card dan menggunakannya kembali untuk mengambil gambar baru.

Ada dua cara untuk meng-impor gambar:

  • Hubungkan kamera secara langsung. Anda dapat meng-impor gambar dengan menghubungkan kamera secara langsung ke komputer dengan menggunakan kabel universal serial bus (USB). Dengan cara ini, kamera Anda harus dihidupkan, sehingga proses impor gambar ini akan menghabiskan daya batere kamera. Anda juga harus selalu membawa kabel USB jika sering meng-impor gambar.

usb

  • Menggunakan memory card reader. Cara tercepat untuk meng-impor gambar adalah dengan menggunakan memory card reader. Keluarkan memory card dari kamera Anda, masukkan ke dalam card reader, dan kemudian pasang card reader ke USB port komputer. Banyak komputer memiliki built-in card reader, yang memungkinkan Anda memasukkan memory card secara langsung ke komputer.

memory card reader

Apapun cara yang Anda pilih, Windows seharusnya secara otomatis mengenali kamera atau card reader ketika Anda hubungkan ke komputer. Kemudian, ikuti langkah berikut:

  • Pada kotak dialog Autoplay, klik Import pictures and videos using Windows. Windows akan mencari gambar (dan file video) di dalam memory card.

autoplay

Kotak dialog ini muncul ketika Anda memasukkan kamera ke komputer atau memasukkan memory card ke dalam card reader.

  • Setelah Windows menemukan file gambar Anda, Anda ditanya apakah ingin membuat untuk file gambar yang Anda impor. Jika iya, ketikkan nama tag/label pada kotak Tag these pictures (optional). Jika tidak, lewati saja langkah ini, karena Anda dapat menambahkan tag/label ke masing-masing file gambar nanti.

import picture

  • Klik Import.
  • Saat Windows mulai meng-impor file gambar dan video, pilih/centang Erase after importing jika Anda ingin menghapus gambar dan video dari memory card setelah impor file selesai. Hal ini akan membersihkan ruang pada memory card sehingga dapat digunakan lagi untuk menyimpan file lainnya.

erase after importing

Setelah file gambar Anda diimpor, maka akan muncul di Windows Photo Viewer.

Ini merupakan tulisan pertama yang membahas mengenai gambar digital dalam windows, Insha Allah masih akan ada tulisan lanjutan.

Silahkan download tulisan di atas dalam bentuk pdf berikut: seduhteh-bekerja dengan gambar digital dalam windows (bag-1)

 
Leave a comment

Posted by on 23/06/2014 in Windows

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: