RSS

Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-5)

12 Jun

Pada tulisan saya sebelumnya sudah membahas mengenai file dan folder yaituBekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-1), Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-2), Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-3) dan Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-4) sekarang saya akan melanjutkan dengan bagian yang kelima dan terakhir.

Menyalin dan memindahkan file dan folder

Terkadang, Anda mungkin ingin memindah file-file di dalam komputer ke folder yang berbeda, atau meng-copy ke CD/flash disk.

Kebanyakan orang meng-copy dan memindahkan file menggunakan metode yang disebut dengan drag and drop. Mulai dengan membuka folder yang berisi file atau folder yang ingin Anda pindahkan. Kemudian, buka folder folder dimana Anda ingin memindahkannya dalam jendela yang berbeda. Posisikan jendela berdampingan pada desktop sehingga Anda dapat melihat isi dari keduanya.

Selanjutnya, drag file atau folder dari folder pertama ke folder kedua.

drag&release

Saat menggunakan metode drag-and-drop, Anda mungkin melihat bahwa kadang-kadang file atau folder di-copy, dan kadang dipindah. Jika Anda men-drag item antara dua folder yang disimpan dalam hard disk yang sama, maka item tersebut akan dipindahkan sehingga tidak akan ada dua copy file atau folder dalam lokasi yang sama. Jika Anda men-drag item ke folder yang berada di lokasi yang berbeda (misalnya lokasi jaringan) atau removable media seperti CD, maka item tersebut hanya di-copy.

Tips: Cara lain untuk meng-copy atau memindahkan file adalah dengan men-drag dari file list ke folder atau library pada navigation pane sehingga Anda tidak perlu membuka dua jendela terpisah.

Membuat atau menghapus file

Cara paling umum untuk membuat file baru adalah dengan menggunakan suatu program. Misalnya, membuat dokumen teks di program Word atau spreadsheet di program Excel.

Beberapa program membuat file segera setelah Anda membukanya. Bila Anda membuka WordPad, maka akan dimulai dengan halaman kosong. Ini merupakan file kosong (yang belum disimpan). Setelah Anda mengetik, klik tombol Save. Di dalam kotak dialog yang muncul, ketikkan nama file, klik Save.

Secara default, kebanyakan program menyimpan file di folder umum seperti My Documents dan My Pictures, yang membuatnya mudah ditemukan kembali lain kali.

Ketika Anda tidak lagi membutuhkan suatu file, Anda dapat menghapusnya dari komputer untuk menghemat ruang. Untuk menghapus file, buka folder atau library yang berisi file, seleksi file tersebut. Tekan Delete pada keyboard, kemudian pada kotak dialog Delete File, klik Yes.

recycled binKetika Anda menghapus sebuah file, maka akan tersimpan sementara di Recycle Bin. Recycle Bin bisa Anda manfaatkan untuk memulihkan kembali file atau folder yang mungkin terhapus tanpa disengaja. Namun terkadang Anda harus mengosongkan Recycle Bin agar mendapatkan ruang hard disk yang lebih besar.

Membuka file yang sudah ada

Untuk membuka file, double-click pada ikon file tersebut. File akan terbuka di dalam program yang Anda gunakan untuk membuat atau mengubahnya.

Meskipun hal itu tidak selalu terjadi. File gambar misalnya, saat Anda double-click akan membuka picture viewer. Untuk mengubah gambar, Anda harus menggunakan program yang berbeda. Klik kanan file, klik Open with, kemudian klik nama program yang Anda ingin gunakan.

Silahkan download tulisan di atas dalam bentuk pdf di link berikut: seduhteh-bekerja dengan file dan folder dalam windows (bag-5)

 
Leave a comment

Posted by on 12/06/2014 in Windows

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: