RSS

Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-4)

11 Jun

Pada tulisan saya sebelumnya sudah membahas mengenai file dan folder yaitu Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-1), Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-2) dan Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-3)sekarang saya akan melanjutkan dengan bagian yang keempat yaitu cara menampilkan dan mengatur file dan folder serta cara mencari file.

Menampilkan dan mengatur file dan folder

viewing filesKetika Anda membuka folder atau library, Anda dapat mengubah bagaimana file terlihat di jendela. Misalnya, Anda lebih menyukai file ditampilkan dalam ikon yang lebih kecil atau besar. Untuk melakukannya gunakan Views button pada toolbar.

Setiap kali Anda meng-klik sisi kiri dari Views button, maka tampilan file dan folder akan berubah hingga 5 tampilan yang berbeda: Large Icons, List, Details, Tiles, dan Content.

Jika Anda meng-klik tanda panah di sisi kanan Views button, Anda memiliki lebih banyak pilihan (Extra Large Icons, Large Icons, Medium Icons, Small Icons, List, Details, Tiles, dan Content).

Di dalam libraries, Anda dapat mengatur file Anda dengan beberapa cara yang berbeda. Misalnya, jika Anda ingin mengatur file di dalam Music library berdasarkan pada genre (Jazz, Pop, Rock dst):

 

  1. Klik Start button, klik Music.
  2. Di dalam library pane (di atas file list), klik menu disebelah Arrange by, klik Genre.

Mencari file

search boxTergantung pada seberapa banyak file yang Anda miliki dan bagaimana mereka diorganisir, menemukan file berarti penjelajahan melalui ratusan file dan subfolder dan bukan pekerjaan yang mudah. Untuk menghemat waktu dan tenaga, gunakan search box untuk mencari file Anda.

Search box terletak di bagian atas dari setiap jendela. Untuk mencari file, buka folder atau library yang paling masuk akal sebagai permulaan Anda mencari, klik search box, dan mulailah mengetik. Search box mem-filter berdasarkan teks yang Anda ketik. File ditampilkan sebagai hasil pencarian jika istilah pencarian Anda cocok dengan nama file, tag atau properti lainnya, atau bahkan teks di dalam dokumen teks.

Jika Anda mencari file berdasarkan proeprti (seperti jenis file), Anda dapat mempersempit pencarian sebelum mulai mengetik dengan cara meng-klik search box, kemudian klik salah satu properti di bawah search box. Hal ini akan menambahkan filter pencarian, sehingga akan memberikan hasil yang lebih akurat.

Jika Anda tidak melihat file yang Anda cari, Anda dapat mengubah keseluruhan lingkup pencarian dengan meng-klik salah satu pilihan di bagian bawah dari hasil pencarian.

InshaAllah masih akan ada satu tulisan lagi mengenai File dan Folder.

Silahkan download tulisan di atas dalam bentuk pdf di link berikut: seduhteh-bekerja dengan file dan folder dalam windows (bag-4)

 
Leave a comment

Posted by on 11/06/2014 in Windows

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: