RSS

Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-3)

10 Jun

Pada tulisan saya sebelumnya sudah membahas mengenai file dan folder yaitu Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-1) dan Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-2), sekarang saya akan melanjutkan dengan bagian yang ketiga yaitu mengenai bagian-bagian dari window.

Mengenal bagian-bagian jendela (window)

parts of windowSaat Anda membuka sebuah folder atau library, Anda melihatnya di sebuah jendela. Berbagai macam bagian dari jendela ini dirancang untuk membantu Anda agar lebih mudah bernavigasi di sekitar Windows atau bekerja dengan file, folder, dan libraries. Berikut ini bagian-bagian dari jendela dan kegunaannya:

Bagian jendela Berguna untuk
Navigation pane Navigation pane berguna untuk mengakses libraries, folder, pencarian yang tersimpan (saved search) dan bahkan keseluruhan isi hard disk. Gunakan bagian Favorites untuk membuka folder atau pencarian yang paling sering Anda gunakan; gunakan bagian Libraries untuk mengakses libraries Anda. Anda juga dapat menggunakan folder Computer untuk mencari folder dan subfolder.
Back and Forward buttons Gunakan Back button dan Forward button untuk menavigasi ke folder atau library lain yang sudah Anda buka tanpa menutup jendela aktif. Tombol ini bekerja bersama dengan address bar.
Toolbar Gunakan toolbar untuk melakukan pekerjaan yang umum, misalnya mengubah tampilan file dan folder, membakar file ke CD, atau memulai slide show gambar digital. Tombol toolbar berubah untuk menunjukkan hanya pekerjaan yang relevan. Misalnya, jika Anda meng-klik file gambar, toolbar menunjukkan tombol khusus gambar dan akan berbeda saat Anda meng-klik file musik.
Address bar Gunakan address bar untuk bernavigasi ke folder atau library yang berbeda atau kembali ke sebelumnya.
Library pane Library pane muncul hanya saat Anda berada di library. Gunakan library pane untuk mengatur file dengan properti yang berbeda.
Column headings Gunakan column headings untuk mengubah bagaimana cara file diatur. Misalnya, Anda dapat meng-klik sisi kiri dari column heading untuk mengubah urutan file dan folder, atau Anda dapat meng-klik sisi kanan untuk mem-filter file dengan cara yang berbeda. (column headings hanya muncul pada mode Details view).
File list Ini dimana isi dari folder atau library ditampilkan.
Search box Ketikkan suatu kata atau frase di dalam kotak pencarian (search box) untuk mencari item di dalam folder atau library.
Details pane Gunakan details pane untuk melihat properti yang paling umum yang terkait dengan file yang dipilih. Properti merupakan informasi tentang suatu file, seperti penulis (author), tanggal perubahan terakhir, dll.
Preview pane Gunakan preview pane untuk melihat isi dari file. Jika Anda memilih pesan e‑mail, file teks, atau gambar, Anda dapat melihat isi dari file tersebut tanpa membukanya dengan program. Jika Anda tidak melihat preview pane, klik tombol Preview pane pada toolbar untuk mengaktifkan.

InshaAllah masih akan ada lanjutan beberapa tulisan mengenai File dan Folder.

Silahkan download tulisan di atas dalam bentuk pdf di link berikut: seduhteh-bekerja dengan file dan folder dalam windows (bag-3)

 
Leave a comment

Posted by on 10/06/2014 in Windows

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: