RSS

Bekerja dengan file dan folder dalam Windows (bag-1)

06 Jun

picture fileFile merupakan suatu item yang berisi informasi—contohnya, teks atau gambar atau musik. Di dalam komputer Anda, file diwakili dengan ikon; ini memudahkan untuk mengenali jenis file dengan melihat ikonnya. Di sebelah kiri bisa Anda lihat contoh ikon file gambar.

Folder merupakan suatu wadah yang dapat Anda gunakan untuk foldermenyimpan file. Jika Anda memiliki ribuan file kertas di meja kerja, hampir sangat mustahil untuk menemukan file tertentu saat Anda membutuhkannya. Itulah sebabnya orang sering menyimpan file dalam folder di lemari arsip dan memberi label/nama agar mudah ditemukan. Di dalam komputer Anda, folder juga bekerja dengan cara yang sama. Di sebelah kanan bisa Anda lihat contoh folder dengan nama downloads.

Selain itu Folder juga dapat digunakan untuk menyimpan folder lainnya. Sebuah folder di dalam folder lainnya biasa disebut dengan subfolder. Anda dapat membuat sejumlah subfolder, dan masing-masing dapat menampung sejumlah file dan subfolder tambahan.

Menggunakan perpustakaan (libraries) untuk mengakses file dan folder

Anda dapat menggunakan libraries, sebuah fitur dari Windows, untuk mengakses file dan folder, dan mengatur mereka dengan cara yang berbeda. Berikut ini daftar 4 libraries default dan apa kegunaannya:

  • Documents library. Gunakan library ini untuk doc librarymengatur dokumen pengolah kata (word), spreadsheet, presentasi, dan file teks lainnya. Secara default, file yang Anda pindah, copy, atau simpan ke dalam Documents library disimpan di dalam folder My Documents folder.

 

  • Ppic libraryictures library. Gunakan library ini untuk mengatur file gambar digital. Secara default, file yang Anda pindah, copy, atau simpan ke dalam Pictures library disimpan di dalam folder My Pictures.

 

  • Musmusic libraryic library. Gunakan library ini untuk mengatur file musik digital, seperti lagu yang Anda download dari Internet. Secara default, file yang Anda pindah, copy, atau simpan ke dalam Music library disimpan di dalam folder My Music.

 

  • video libraryVideos library. Gunakan library ini untuk mengatur file video, seperti klip dari kamera digital atau camcorder, atau file video yang Anda download dari Internet Secara default, file yang Anda pindah, copy, atau simpan ke dalam Videos library disimpan di dalam folder My Videos.

Untuk membuka libraries, klik Start button, klik Documents, Pictures, atau Music.

Tulisan saya tentang Bekerja dengan file dan folder dalam Windows akan dibagi dalam beberapa bagian, karena jika dijadikan satu tulisan terlalu panjang. Silahkan menunggu tulisan selanjutnya.

Silahkan download tulisan di atas dalam bentuk pdf di link berikut: seduhteh-bekerja dengan file dan folder dalam windows (bag-1)

 
Leave a comment

Posted by on 06/06/2014 in Windows

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: