RSS

Mengaktifkan atau Menon-aktifkan Desktop Alerts

28 Nov

email-alert-iconDesktop Alert merupakan pemberitahuan yang muncul pada desktop Anda ketika Anda menerima sebuah pesan e-mail baru, meeting request, atau task request. Desktop Alerts aktif secara default. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menyesuaikan tampilan dari Desktop Alerts serta cara untuk mengaktifkan dan menon-aktifkannya.

Informasi yang ditampilkan oleh Desktop Alerts

Informasi yang ditampilkan pada Desktop Alert sangat beragam tergantung pada item yang Anda terima di Inbox.

  • Pesan e-mail:  Desktop Alert menampilkan nama pengirim, subjek, dan dua baris pertama dari pesan tersebut. Desktop Alert tidak menampilkan isi dari pesan yang terenkripsi (encrypted) atau ditandatangani secara digital (digitally signed). Untuk melihat pesan, Anda harus membukanya.
  • Meeting request:  Desktop Alert menampilkan nama pengirim, subjek, tanggal, waktu, dan lokasi meeting.
  • Task request:   Desktop Alert menampilkan nama pengirim, subjek, dan tanggal dimulainya task yang diberikan.

Jika beberapa item tiba bersamaan pada Inbox Anda, Anda tidak akan menerima Desktop Alert untuk tiap item. Jika Anda menerima sejumlah besar item dalam periode waktu tertentu, Microsoft Office Outlook akan menampilkan Single Desktop Alert untuk menunjukkan bahwa Anda menerima beberapa item baru. Hal ini untuk mencegah desktop Anda menjadi penuh/ramai dengan peringatan yang dapat menganggu pekerjaan dan menghalangi desktop Anda.

Anda dapat menggunakan Desktop Alerts untuk memproses item yang tiba tanpa membukanya pada Inbox. Ketika Desktop Alert muncul, Anda dapat melakukan beberapa tindakan yang biasanya mengharuskan Anda untuk membuka item tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat menetapkan bendera pesan (flag), menghapus pesan, atau menandainya sebagai terbaca — semua ini dapat dilakukan tanpa membuka Inbox Anda.

Jika Anda menggunakan Microsoft Exchange e-mail account atau POP3 e-mail account,  Desktop Alert ditampilkan hanya ketika item baru masuk pada default Inbox. Jika Anda ingin menampilkan Desktop Alert ketika sebuah item tiba pada folder apapun, atau ketika Anda menerima item yang memenuhi kondisi tertentu, Anda harus membuat sebuah rule.

Tip:  Jika Anda ingin Desktop Alert tetap terlihat sehingga anda dapat lebih lama membacanya, letakkan pointer Anda pada Desktop Alert sebelum memudar dari pandangan.

Mengaktifkan atau Menon-aktifkan Desktop Alerts

Desktop Alerts aktif secara default. Namun ada kalanya ketika Anda ingin menon-aktifkan Desktop Alerts kemudian mengaktifkannya lagi. Sebagai contoh, jika Anda membuat sebuah presentasi ke audiens, Anda mungkin tidak menginginkan Desktop Alerts muncul pada layar Anda. Meskipun Microsoft Office Outlook tidak akan menampilkan Desktop Alerts ketika Anda menjalankan presentasi Microsoft Office PowerPoint, namun Desktop Alerts akan tampil lagi ketika Anda berpindah ke program atau web selama presentasi berlangsung.

Menon-aktifkan Peringatan:

  1. Pada menu Tools, klik Options.
  2. Pada tab Preferences, klik E-mail Options, klik Advanced E-mail Options.
  3. Di bawah When new items arrive in my Inbox, bersihkan kotak centang Display a New Mail Desktop Alert (default Inbox only).

Note:  Untuk menekan notifikasi lainnya seperti memainkan suara (playing sounds), mengubah pinter mouse, atau menampilkan ikon amplop pada area notifikasi, bersihkan kotak centang Play a sound, Briefly change the mouse cursor, atau Show an envelope icon in the notification area.

Menon-aktifkan Peringatan dari Desktop Alert:

  1. Ketika Desktop Alert muncul, klik tanda panah kebawah pada alert.
  2. Pada menu Desktop Alert, klik Disable New Mail Desktop Alert.

Perhatikan juga bahwa Anda dapat melakukan hal lainnya dari menu Desktop Alerts, seperti membuka, menetapkan bendera pesan (flag), menghapus pesan, atau menandainya sebagai terbaca. Atau buka kotak dialog Desktop Alert Settings, dimana Anda dapat menentukan berapa lama Desktop Alert harus tetap terlihat pada layar dan seberapa transparan seharusnya.

Mengaktifkan Peringatan:

  1. Pada menu Tools, klik Options.
  2. Pada tab Preferences, klik E-mail Options, klik Advanced E-mail Options.
  3. Di bawah When new items arrive in my Inbox, pilih kotak centang Display a New Mail Desktop Alert (default Inbox only).

Mengubah tampilan Desktop Alerts:

Anda dapat menyesuaikan tampilan dari Desktop Alerts. Anda dapat membuatnya tetap terlihat sesingkat 3 detik atau selama 30 detik. Anda juga dapat menyesuaikan transaparansinya untuk membuatnya lebih terlihat atau untuk menjaganya agar tidak menghalangi pandangan Anda terhadap dokumen dan item lainnya pada desktop.

  • Pada menu Tools, klik Options.
  • Pada tab Preferences, klik E-mail Options, klik Advanced E-mail Options.
  • Klik Desktop Alert Settings.
  • Di bawah Duration, drag slider bar ke jumlah detik yang Anda inginkan untuk Desktop Alerts terlihat di desktop. Note:   Meskipun Desktop Alerts akhirnya memudar, ikon notifikasi e-mail baru tetap muncul pada Outlook status bar hingga Anda membuka item baru tersebut.
  • Di bawah Transparency, drag slider bar untuk nilai transparansi yang Anda inginkan.
  • Untuk melihat pengaturan Anda, klik Preview.

Memindahkan Desktop Alert ke lokasi yang berbeda pada layar Anda:

  • Pada menu Tools, klik Options.
  • Pada tab Preferences, klik E-mail Options, klik Advanced E-mail Options.
  • Klik Desktop Alert Settings.
  • Pada kotak dialog Desktop Alert Settings, klik Preview. Sebuah contoh Desktop Alert dimunculkan pada desktop Anda.
  • Drag Desktop Alert ke lokasi yang Anda inginkan.

Silahkan klik link berikut untuk mendapatkan tulisan di atas dalam bentuk pdf: seduhteh-mengaktifkan atau menonaktifkan desktop alerts

 
Leave a comment

Posted by on 28/11/2013 in Microsoft Outlook

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: