RSS

Mencegah tampilnya nama penerima e-mail dengan menggunakan Bcc

20 May

blind_iconBcc adalah sebuah singkatan dari blind carbon copy. Jika Anda menambahkan nama penerima ke dalam kotak Bcc dalam pesan e-mail, salinan pesan akan dikirim ke penerima, tetapi nama penerima tidak terlihat oleh penerima pesan yang lain. Jika kotak Bcc tidak terlihat ketika Anda membuat pesan paru, Anda dapat menambahkannnya dengan cara:

Pada pesan baru, tab  Message Options, Fields, klik Show Bcc.

Cara terbaik untuk menggunakan Bcc:

  • Pave the way (membuka jalan) 

Sebelum Anda menambahkan nama penerima ke dalam kotak Bcc, pastikan bahwa penerima e-mail tersebut memang mengharapkan pesan Anda. Karena orang tersebut mungkin perlu untuk melakukan beberapa langkah untuk membuat Anda dianggap sebagai pengirim aman (safe sender).

Kenapa hal ini diperlukan? Menggunakan Bcc adalah tehnik favorit spammer. Sehingga,  banyak junk e-mail filter yang menganggap pesan dengan Bcc sebagai junk e-mail. Jadi jika penerima pesan Anda belum mencantumkan nama Anda ke dalam daftar pengirim aman di dalam Microsoft Office Outlook, maka pesan Anda akan langsung masuk ke folder Junk E-mail.

  • Berfikirlah sebelum Anda memasukkan daftar nama ke kotak Bcc

Orang yang menggunakan aturan (rules) untuk menyortir e-mail yang masuk ke folder akan terganggu jika Anda memasukkan nama mereka ke dalam kotak Bcc. Jika aturan mereka berdasarkan pada nama yang berada di dalam kotak To atau Cc, maka pesan Anda tidak akan disortir sesuai dengan aturan mereka.

  • Ketahui batas Anda

Banyak penyedia layanan e-mail mengatur batas nama yang dapat dimasukkan ke dalam kotak To, Cc, dan Bcc. Contohnya, penyedia layanan e-mail dapat membatasi setiap pesan maksimal 100 alamat e-mail. Tanyakan pada penyedia layanan e-mail tentang kebijakan untuk akun Anda.

Kelebihan menggunakan Bcc:

  • Menjaga privasi penerima

Bcc dapat membantu untuk lebih menghormati privasi orang lain dengan tidak mengungkapkan identitas mereka.

  • Membatasi percakapan menjadi liar

Ini adalah salah satu kelebihan menggunakan Bcc. Misalkan Anda mengirim pesan ke sejumlah besar orang yang tercantum dalam kotak To. Pembahasan akan menjadi hidup, dan semua orang ingin memberikan pendapat. Jumlah pesan yang masuk ke inbox menjadi banyak karena banyak penerima yang membalas dengan sentiment, misalnya: “tolong berhenti membalas semua email ini.” Masalahnya adalah jika mereka meng-klik Reply to All, maka semua penerima akan mendapatkan e-mail yang sama.

Salah satu cara untuk membatasi penggunaan Reply to All adalah dengan meletakkan alamat e-mail penerima di kotak Bcc dan tempatkan hanya nama Anda di dalam kotak To, dengan demikian penerima hanya dapat membalas ke e-mail Anda saja.

  • Mengurangi spam

Meskipun orang yang mengirim junk e-mail atau spam suka menggunakan Bcc, mereka tidak akan suka jika Anda menggunakannya. Karena jika Anda menyembunyikan nama penerima dengan memasukkannya ke dalam kotak Bcc, mereka tidak dapat menyalin alamat e-mail penerima dari pesan Anda.

Untuk mendapatkan tulisan di atas dalam bentuk pdf, klik link berikut: seduhteh-mencegah tampilnya nama penerima email dengan menggunakan Bcc

Baca juga tulisan saya tentang Microsoft Outlook berikut ini:

 
Leave a comment

Posted by on 20/05/2013 in Microsoft Outlook

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: