RSS

E-KTP sudah di tangan

14 May

e-ktp hologramBeberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang E-KTP, dan setelah menunggu cukup lama dan penasaran seperti apa sih bentuknya? akhirnya sekarang E-KTP sudah ada di dompet saya. Secara bentuk fisik sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan KTP lama, hanya saja di bagian belakang terdapat hologram di bagian bawah.

Dari sumber yang saya baca di merdeka.com yang menjelaskan bahwa E-KTP tidak boleh distaples, dan hanya boleh difotokopi sekali saja. Keterangan lengkapnya sebagai berikut:

Selain hanya bisa difotokopi sekali untuk keamanan chip, e-KTP juga tidak boleh distaples. Penegasan tersebut tertuang dalam surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 471.13/1826/SJ tentang e-KTP.

Surat edaran Mendagri yang ditandatangani Gamawan Fauzi itu disampaikan kepada seluruh instansi penting di negara ini. Pada poin 2 berbunyi, supaya tidak terjadi kesalahan fatal dalam penggunaan e-KTP, maka diminta kepada semua Menteri, Kepala lembaga pemerintah non kementerian, Kepala lembaga lainnya, Kepala Kepolisian RI, Gubernur Bank Indonesia/para pimpinan bank, para Gubenur, para Bupati/Wali kota, agar semua jajarannya khususnya unit kerja/badan usaha atau nama lain yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahwa e-KTP tidak diperkenankan difotokopi, distaples dan perlakuan lainnya yang merusak fisik e-KTP. Sebagai penggantinya dicatat “Nomor Induk Kependudukan (NIK)” dan “Nama Lengkap”.

Pada poin 3 juga disebutkan, apabila masih terdapat unit kerja/badan usaha atau nama lain yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, masih memfotokopi, menstaples dan perlakuan lainnya yg merusak fisik e-KTP, akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku karena sangat merugikan masyarakat, khususnya pemilik e-KTP.

Surat edaran itu juga ditembuskan kepada presiden, wapres, menko polhukam, menko perekonomian, menko kesra, kepala BPPT, kepala lembaga sandi negara, dan rektor ITB.
Namun menurut Jubir Kemendagri Reydonyzar Moenek, e-KTP tak mudah rusak. Apalagi kalau hanya kena sinar mesin fotokopi. “Itu preventif saja. Kita sudah cek berkali-kali. e-KTP ini kuat, jatuh ke air juga tidak apa-apa. Bahannya juga tidak mudah patah. Beda dengan kartu kredit, itu kan mudah patah,” ujarnya.

Setelah membaca keterangan di atas, ada baiknya jika mengikuti saran dari Pemerintah dan melakukan tindakan preventif agar E-KTP tidak rusak. Misalnya dengan cara memfotokopi sekali dengan kualitas yang bagus dan kita jadikan master. Selanjutnya jika butuh fotokopi KTP tinggal kita fotokopi ulang saja master yang tadi. Atau juga bisa kita scan saja sekali dengan kualitas yang bagus, kemudian jika sewaktu-waktu butuh,  tinggal print saja soft copy yang tadi. Soft copy bisa kita simpan di laptop, smartphone, tablet,  flashdisk dsb, jadi lebih praktis dan siap kapan saja dibutuhkan.

 
Leave a comment

Posted by on 14/05/2013 in Pelayanan publik

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: