RSS

Checklist dasar dalam fotografi D-SLR

06 May

Berikut ini checklist yang akan membantu Anda untuk mengingat semua aspek teknis fotografi yang perlu diingat. Kamera baru Anda merupakan suatu peralatan yang sangat canggih; daftar berikut akan membantu untuk menghindari kesalahan-kesalahan kecil.

  • Sudahkah Anda mengisi (charge) batere? sebelum bepergian dengan kamera, isi penuh batere Anda. Kamera digital biasanya menggunakan batere yang dapat diisi ulang (rechargeable batteries). Pada hari-hari pertama Anda menggunakan kamera digital, sudah pasti akan sangat sering melihat gambar/foto pada layar LCD pada bagian belakang kamera, dan ini memakan banyak energi batere dibanding dengan aktifitas kamera lainnya. Lebih baik, ketika memulai hobi fotografi, Anda membeli batere cadangan.
  • Sudahkah Anda memformat kartu memori (memory card)? Sebelum memotret, dan setiap kali setelah Anda mendownload/mentransfer file foto yang ada di dalam memory card, selalu format memory card Anda. Seperti alat teknis lainnya, kegagalan selalu mungkin terjadi. Anda dapat kehilangan gambar. Namun, Anda dapat meminimalkan resiko ini dengan penyimpanan yang baik. Jadi harus selalu diingat untuk memformat memory card sebelum menggunakan dan setelah Anda yakin bahwa semua file foto telah didownload/ditransfer ke komputer atau media lainnya.
  • Sudahkah Anda memiliki cukup memori di dalam memory card? salah satu keunggulan dari era pra digital (konvensional) adalah kemudahan untuk mendapatkan roll film hampir di setiap toko. Memory card yang disertakan di dalam kamera digital saat ini biasanya hanya memiliki kapasitas yang kecil untuk menyimpan foto. Anda sudah pasti perlu membeli tambahan memory card dengan kapasitas yang lebih besar. Pastikan Anda sudah membeli memory card yang cukup untuk liburan Anda, terutama jika lokasi berada jauh dari perkotaan dan sudah pasti tidak akan bisa menemukan toko peralatan fotografi.
  • Sudahkah Anda membersihkan sensor gambar? Jika Anda sering mengganti lensa, maka ada kemungkinan debu menempel pada sensor gambar yang akan menyebabkan bintik-bintik hitam atau serabut seperti rambut pada file gambar Anda. Ini sangat mungkin terjadi jika Anda lupa mematikan kamera sebelum mengganti lensa. Jika sensor tidak dibersihkan dengan hati-hati, maka dapat mengakibatkan sensor tersebut rusak. Cek di website produsen kamera untuk melihat rekomendasi mereka. Salah satu cara untuk menghindari membersihkan sensor setiap saat adalah dengan cara menghadapkan kamera ke bawah saat mengganti lensa.
  • Sudahkah Anda mengatur sensitifitas sensor (ISO)? yang terbaik adalah menggunakan ISO serendah mungkin, karena semakin tinggi pengaturan ISO akan menghasilkan lebih banyak “noise” (butiran kecil yang tidak diinginkan). Aturan umunya adalah: Semakin kecil ISO, akan semakin baik kualitasnya (jika kondisi pemotretan memungkinkan).
  • Sudahkah Anda mengatur color/white balance? Pastikan bahwa kamera Anda diatur pada posisi auto-white balance, sebagaimana dalam banyak kasus, pengaturan ini akan menghasilkan gambar yang dapat diterima.
  • Sudahkan Anda mengatur jenis file (JPEG, RAW, atau TIFF)? Pastikan kamera Anda diatur untuk menghasilkan kualitas gambar JPEG yang terbaik/tertinggi. Sama sekali tak beralasan untuk memotret dengan pengaturan JPEG kecil, karena hal itu hanya akan menyia-nyiakan fungsi kamera berkualitas tinggi. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis file di tulisan yang berbeda.

Untuk mendapatkan tulisan di atas dalam bentuk pdf silahkan klik link berikut: seduhteh-checklist dasar dalam fotografi D-SLR

Silahkan baca tulisan saya yang lain tentang fotografi berikut:

 
Leave a comment

Posted by on 06/05/2013 in Fotografi

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: