RSS

Jenis lensa yang digunakan dalam fotografi

03 May

lensa

Di tulisan sebelumnya “3 Jenis Dasar Lensa Dalam Fotografi” telah dibahas mengenai lensa standar, lensa wide-angle dan lensa tele. Sekarang saya akan membahas mengenai jenis-jenis lensa lain yang digunakan di dunia fotografi.

Lensa Zoom (Zoom Lens) atau Lensa Fixed (Fixed Focal Length)

Dengan semakin baiknya lensa zoom, kepopulerannya pun semakin meningkat. Beberapa tahun yang lalu lensa zoom tidak dapat menyamai kualitas lensa fixed (fixed focal-length lens) dan dipandang sebagai alternative yang lebih murah untuk membeli sejumlah lensa dengan focallength tetap.

Situasi ini telah dengan cepat berubah, dn beberapa lensa yang tertajam dan tercepat yang tersedia saat ini adalah lensa zoom. Lensa zoom memungkinkan fotografer untuk membawa lebih sedikit peralatan, karena lensa zoom dapat menggantikan dua atau bahkan tiga lensa normal. Sebuah lensa zoom dengan kualitas terbaik akan sangat mahal dan biasanya setara dengan harga dua atau tiga lensa fixed-focal-length yang digantikan.

Lensa Makro (Macro Lenses)

macro lensJika Anda ingin memfoto serangga, bunga dan benda-benda kecil lainnya secara dekat (close-up), maka yang Anda butuhkan adalah lensa makro. Biasanya tersedia dalam focal length 35mm, 50 atau 60mm, 100 atau 105mm.

Lensa ini mirip dengan lensa normal dalam hal kemampuannya untuk dapat fokus hingga tak terbatas, namun lensa makro dirancang untuk fokus pada jarak yang sangat pendek.

Fisheye Lenses

foto fisheyeDisebut dengan lensa fisheye karena gambar yang dihasilkan terlihat seperti mata ikan, lensa ini memiliki sudut (angle) yang sangat lebar.

Lensa fisheye dapat menghasilkan sudut pandang 180°, baik melingkar atau gambar full-frame yang sangat terdistorsi di bagian sudut. Oleh karenanya penggunaan lensa ini sangat terbatas.

 

 

Shift Lenses

Shift lens sangat mahal, tetapi jika Anda ingin memotret gedung-gedung tinggi,  Anda akan sangat terbantu dengan lensa ini.

Lensa ini akan menghasilkan gambar dimana gedung terlihat jatuh ke belakang, dan semua garis vertikal berkumpul di bagian atas gambar. Dengan lensa jenis ini Anda dapat menghasilkan foto dengan sudut pandang yang berbeda.

shift lens

Untuk mendapatkan tulisan di atas dalam bentuk pdf, silahkan klik link berikut ini: seduhteh-jenis lensa yang digunakan dalam fotografi

 
Leave a comment

Posted by on 03/05/2013 in Fotografi

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: