RSS

Bagaimana cara mencegah perubahan pada dokumen yang sudah final?

21 Nov

Pertanyaan tersebut pasti sudah pernah terlintas di pikiran Anda. Apalagi jika dokumen tersebut sangat penting dan Anda tidak ingin ada seseorang yang mengotak atik. Microsoft office word 2007 memiliki sebuah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat dokumen Anda hanya bisa dibaca saja (read only) tanpa bisa diubah oleh pembaca tersebut.

Sebelum Anda membagi dokumen soft copy dalam bentuk Microsoft office word kepada orang lain,  alangkah baiknya jika Anda menggunakan perintah Mark as Final untuk membuat dokumen tersebut hanya read-only dan untuk mencegah terjadinya perubahan yang tidak diinginkan pada dokumen tersebut.

Jika sebuah dokumen ditandai sebagai final, maka pengetikan (typing), perintah editing (editing commands) dan tanda pemeriksaan (proofing marks)  akan dinonaktifkan atau dimatikan dan dokumen tersebut akan menjadi read only. Perintah Mark as Final membantu Andamengkomunikasikan bahwa Anda sedang membagi dokumen yang sudah final. Hal ini juga membantu mencegah pengulas (reviewers) atau pembaca (readers) membuat perubahan yang sengaja pada dokumen.

Catatan:

Perintah Mark as Final bukan merupakan fitur keamanan (security feature). Setiap orang yang menerima soft copy dokumen yang telah ditandai sebagai final, dapat mengubah (edit) dokumen tersebut dengan menghilangkan status Mark as Final dari dokumen.

Dokumen yang telah ditandai sebagai final dalam program Microsoft Office 2007 akan menjadi tidak read-only jika dibuka dalam versi program of Microsoft Office sebelumnya.

Menandai dokumen sebagai final:

  1. Buka dokumen yang akan ditandai sebagai final.
  2. Klik Microsoft Office Button , pilih Prepare, dan Kemudian klik Mark as Final.

Mengaktifkan fungsi editing pada dokumen yang sudah ditandai sebagai final:

Jika Anda ingin mengubah (edit) sebuah dokumen yang telah ditandai sebagai final, Anda dapat meng-klik perintah Mark as Final.

Anda juga dapat mengenali bahwa sebuah dokumen telah ditandai sebagai final dengan melihat ikon Mark as Final pada status bar.

  1. Buka dokumen yang ditandai sebagai final.
  2. Klik Microsoft Office Button, pilih Prepare, Kemudian klik Mark as Final.

Semoga sedikit informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda. Untuk mendapatkan tulisan tersebut dalam bentuk pdf silahkan klik: seduhteh-mencegah dokumen yang sudah final diubah

Tulisan saya yang lain tentang Microsoft Office Word:

 
 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: