RSS

Menghitung Jumlah Kata di Dalam Sebuah Dokumen

18 Sep

Microsoft Office Word 2007 akan menghitung secara otomatis jumlah kata di dalam dokumen ketika kita mengetik. Office Word 2007 juga dapat  menghitung beberapa hal lainnya sebagai berikut:

  • Halaman
  • Paragraf
  • Garis/Baris
  • Karakter, baik termasuk atau tidak termasuk spasi

Meskipun catatan kaki (footnote), catatan akhir (endnote) dan teks di dalam text box tidak secara otomatis dihitung, Anda dapat mengatur Office Word 2007 untuk menghitungnya.

Menghitung jumlah kata saat Anda mengetik

Ketika Anda mengetik dalam suatu dokumen, Office Word 2007 secara otomatis menghitung jumlah halaman dan kata di dalam dokumen Anda dan menampilkannya pada status bar di bagian bawah dari lembar kerja Anda:

Tip: Apabila jumlah kata tersebut tidak tampil di status bar, Anda dapat mengaturnya dengan cara klik kanan pada status bar, maka akan tampil Customize Status Bar,  kemudian pilih Word Count.

Menghitung jumlah kata yang diseleksi

Anda dapat menghitung jumlah kata yang sedang Anda seleksi (atau biasanya kita mengatakan diblok) dibandingkan dengan jumlah seluruh kata di dalam suatu dokumen. Seleksi ini tidak harus berurutan untuk bisa menghitungnya, Anda bisa melakukan seleksi secara acak.

  • Pilih/seleksi teks yang ingin Anda hitung.

Status bar akan menampilkan jumlah kata yang diseleksi. Contoh: 17/1152, yang artinya jumlah kata yang diseleksi adalah 17 dari total kata dalam dokumen yaitu 1152.

Tip: Untuk menyeleksi teks yang tidak berurutan (acak), pilih/seleksi bagian pertama dan kemudian sambil menekan tombol CTRL pilih/seleksi bagian lain yang diinginkan.

Menyertakan footnotes dan endnotes di dalam penghitungan kata

  1. Pada menu Review, pada grup Proofing, klik Word Count.
  2. Pada kotak dialog Word Count, pilih (centang) bagian Include textboxes, footnotes and endnotes.

Menghitung jumlah kata di dalam text box

  • Pilih/seleksi teks di dalam text box.

Status bar akan menampilkan jumlah kata di dalam text box. Sebagai contoh: 5/102, yang artinya adalah Anda menyeleksi 5 kata dari total keseluruhan kata di dalam dokumen 102.

  • Untuk menghitung kata di dalam beberapa text box, tekan dan tahan tombol CTRL sambil Anda menyeleksi teks di tiap-tiap text box yang Anda inginkan untuk dihitung. Jumlah kata akan secara otomatis ditambahkan pada status bar.

Melihat jumlah halaman, karakter, paragraf dan baris

Anda dapat melihat jumlah halaman, paragraf dan baris di dalam dokumen Anda, serta jumlah karakter, baik termasuk spasi ataupun tidak.

  • Pada menu Review, di dalam grup Proofing, klik Word Count.

Demikian sedikit tulisan mengenai cara menghitung jumlah kata di dalam Microsoft Office Word. Semoga bisa menjadi manfaat. Apabila ada kesulitan ketika mencoba, jangan sungkan untuk berkomentar. Untuk mendapat tulisan di atas secara lengkap di dalam bentuk pdf silahkan klik link berikut:  seduhteh-menghitung jumlah kata di dalam sebuah dokumen

Tulisan saya yang lain tentang Microsoft Office Word:

 
Leave a comment

Posted by on 18/09/2012 in Microsoft Word

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: