RSS

E-KTP

29 May

Elektronik-Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) saat ini sedang dalam proses pengambilan data di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk daerah saya tentunya. Bagi Anda yang sampai saat ini belum mendapat panggilan/undangan untuk pengambilan data E-KTP tidak perlu khawatir. Karena memang pengambilan data dilakukan secara bergantian.

Tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Anda akan menerima undangan dari Kecamatan setempat.
Undangan tersebut berisi tanggal, waktu dan tempat pengambilan data E-KTP.
2. Anda datang ke tempat sesuai dalam undangan (di kantor kecamatan setempat).
Ini yang perlu Anda ketahui, Anda tidak harus datang sesuai dengan jadwal di atas jika memang ada sesuatu hal yang sangat penting. Misalnya seperti saya yang mendapat jadwal di hari kerja. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak datang. Panitia E-KTP melayani setiap hari (Senin-Minggu) hingga jam 21.00.
3. Sampai di lokasi, Anda mengambil nomor urut yang sudah disediakan oleh petugas dan mengisi daftar hadir.
4. Anda mennggu di tempat yang sudah disediakan.
5. Petugas akan memanggil nomor urut Anda, kemudian Anda memberikan nomor urut ke petugas dan kembali lagi duduk di depan petugas yang akan mengambil data E-KTP (Biasanya 2-3 orang). Disini Anda harus menunggu lagi sebentar hingga orang di depan Anda selesai.
6. Sampai giliran Anda, duduk di sebelah petugas yang mengambil data. Anda akan dimintai KTP asli, kemudian petugas tersebut akan memasukkan No. KTP Anda ke komputer, maka akan muncul informasi lengkap sesuai dalam KTP. Petugas akan mengkonfirmasikan kepada Anda, apakah data tersebut benar atau tidak?
7. Kemudian petugas akan mulai mengambil data sebagai berikut:
• Foto diri (dengan kamera yang sudah diatur otomatis, kamera diletakkan di tripod). Ada 2 macam warna latar belakang (background) yaitu warna merah untuk penduduk dengan tanggal lahir ganjil dan warna biru untuk tanggal lahir genap.
• Tanda tangan
• 4 sidik jari (kecuali jempol)
• 2 jempol (kanan dan kiri berbarengan)
• Jari telunjuk kanan
• Jari telunjuk kiri
• Foto retina mata (sebaiknya agak melotot agar hasilnya lebih jelas)
• Tanda tangan sekali lagi
8. Jika pengambilan data sudah selesai, langsung ke petugas yang sebelumnya untuk mengisi daftar hadir (berbeda dengan yang pertama). Di daftar hadir ini sudah tercetak nama dan alamat kita. Kita diminta mengisi tanggal kehadiran dan tanda tangan Kemudian menyerahkan undangan.
9. Proses pengambilan data E-KTP selesai, kita tinggal menunggu undangan untuk mengambil E-KTP (belum tahu kapan?), kita tunggu saja. Target dari Pemerintah awal tahun 2013 semua sudah menggunakan E-KTP.

Tambahan informasi, bagi Anda yang sedang sakit atau memiliki keluarga yang sudah sangat tua dan tidak memungkinkan untuk datang langsung ke kantor kecamatan, maka Anda dapat melapor ke ketua RT setempat. Nantinya ketua RT yang akan meneruskan ke Kelurahan hingga Kecamatan. Dan menurut keterangan petugas, nantinya panitia E-KTP yang akan mendatangi ke lokasi.

Demikian sedikit informasi berdasarkan pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat.

 
2 Comments

Posted by on 29/05/2012 in Pelayanan publik

 

Tags: , , , , , , , , , ,

2 responses to “E-KTP

  1. yanto

    16/06/2012 at 7:22 am

    Gmana dong? Alamat tempat tinggal skrg tidak sesuai dengan alamat ktp ???

     
    • seduhteh

      18/06/2012 at 6:33 am

      Setahu saya pengambilan data E-KTP sesuai dengan alamat KTP, jadi undangan akan dialamatkan ke alamat KTP. saran saya diluangkan saja waktu saat hari libur, atau bisa ditanyakan ke kelurahan terdekat. Terima kasih komentarnya, maaf jika jawaban kurang memuaskan…🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: