RSS

Sekilas tentang ISO

23 Nov

Saat ini semua orang sudah familiar dengan kata ISO, tapi bukan pasangannya babat ya? , bukan juga ISO pada fotografi.

Sekarang dimana-mana berstandar ISO, tidak hanya Perusahaan besar, saat ini Sekolah, Rumah Sakit bahkan Puskesmas juga sudah berstandar ISO. Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah, sebenarnya ISO itu apa? siapa? dimana? dan mengapa harus berstandar ISO?

Kita akan bahas satu per satu.

ISO itu apa? ISO adalah organisasi internasional untuk standarisasi yang merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau istilah lainnya Non-Governmental Organization (NGO).

ISO itu siapa? ISO adalah pengembang dan penerbit standar internasional terbesar di dunia yang terdiri dari wakil-wakil dari Badan Standar Nasional setiap Negara yang bekerjasama.

ISO itu dimana? ISO berkantor pusat di Jenewa, Swiss.

Sejarah singkat

Karena “International Organization for Standardization” akan memiliki akronim yang berbeda dalam Bahasa yang berbeda (“IOS” dalam Bahasa inggris, “OIN” dalam Bahasa prancis “Organisation internationale de normalization”), para pendirinya memutuskan untuk memberi nama pendek untuk semua tujuan. Mereka memilih ISO, berasal dari Bahasa Yunani ISOS, yang artinya “SAMA”. Apapun negaranya, apapun bahasanya, bentuk pendek dari nama organisasi ini adalah ISO.

Pada tahun 1946, delegasi dari 25 negara bertemu di London dan memutuskan untuk membuat organisasi internasional baru, yang mana objeknya adalah untuk memfasilitasi koordinasi internasional dan penyatuan standar-standar industri. Organisasi baru yaitu ISO, resmi mulai beroperasi pada tanggal 23 Februari 1947 di Jenewa, Swiss.

ISO adalah jaringan dari institusi standar nasional dari 162 negara. ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kita kenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya. Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari berbagai negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC=Technical Committee).

ISO adalah lembaga swadaya masyarakat yang menjembatani sektor publik dan swasta. Di satu sisi, banyak dari anggotanya adalah bagian dari struktur pemerintahan di negaranya, atau diamanatkan oleh Pemerintahnya. Di sisi lain, anggota lainnya memiliki akar yang unik di sektor swasta yang telah dibentuk oleh kemitraan nasional dari asosiasi industri. Oleh karena itu, ISO memungkinkan konsensus untuk dicapai dalam solusi yang memenuhi kedua persyaratan dari bisnis dan kebutuhan masyarakat luas.

Hingga saat ini ISO telah menetapkan lebih dari 18.500 standar internasional untuk pertanian, konstruksi, mekanik, pabrik, distribusi, transportasi, peralatan medis, teknologi informasi dan komunikasi, manajemen dan jasa.
Mungkin tanpa kita sadari sebenarnya kita telah mendapatkan banyak manfaat dari ISO. Bayangkan jika di dalam kehidupan ini tidak ada standar yang ditetapkan dan diakui bersama, maka sudah pasti dunia ini akan sangat semrawut karena tiap orang menggunakan standarnya masing-masing.

Mengapa standar begitu berarti?

Standar membuat kontribusi yang besar dan positif untuk sebagian besar aspek kehidupan kita. Standar memastikan karakteristik yang diinginkan dari produk dan jasa seperti kualitas, keramahan lingkungan, keamanan, keandalan, efisiensi dengan biaya yang ekonomis.

Ketika produk dan jasa memenuhi ekspektasi kita, kita cenderung mengabaikan peran dari standar. Namun, ketika standar tidak ada, kita segera tersadar dan memperhatikan. Kita segera peduli ketika produk ternyata berkualitas buruk, tidak cocok, tidak kompatibel dengan peralatan yang sudah kita miliki, tidak dapat diandalkan atau berbahaya.

Ketika produk, sistem, mesin dan peralatan kerja bekerja dengan baik dan aman, biasanya dikarenakan mereka memenuhi standar. Dan organisasi yang bertanggung jawab untuk ribuan standar yang bermanfaat di dunia adalah ISO.

Nah, sekarang kita kembali ke ISO yang populer saat ini. Lalu sebenarnya standar ISO mana yang dimaksud orang-orang tersebut? ISO yang dimaksud sebenarnya adalah ISO 9001. Ini merupakan standar internasional generik untuk sistem manajemen mutu. Untuk saat ini versi yang terbaru adalah ISO 9001:2008. Saya akan mengulas lebih dalam mengenai ISO 9001 di tulisan saya berikutnya.

 
2 Comments

Posted by on 23/11/2011 in Sertifikasi

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Sekilas tentang ISO

  1. Jade jalamang

    17/03/2012 at 3:53 am

    Trimakasih tulisannya,semoga Allah memelihara ilmu bagi orang orang yang suka berbagi,,amin

     
    • seduhteh

      19/03/2012 at 1:12 am

      Amin ya robbal alamin…
      Terima kasih, semoga sedikit ilmu saya bisa bermanfaat untuk yang lain…..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: