RSS

Pindah alamat KPP

17 Oct

Beberapa waktu yang lalu, saya mengurus perpindahan alamat KPP (Kantor Pelayanan pajak) karena alamat domisili saya berpindah dari Kendal ke Semarang. Sebenarnya tidak masalah jika saya tetap menggunakan alamat yang lama. Tapi sepertinya kalau kita tertib administratif nantinya akan memudahkan urusan-urusan kita ke depan. Misalnya saja jika berurusan dengan Bank, terutama kalau kita membutuhkan kredit.

Seperti biasanya saya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari internet dan beberapa teman yang tahu tentang pajak. Dan beberapa sumber informasi mengatakan kalau untuk mengajukan pindah alamat kita harus mengisi “formulir perubahan data NPWP”. Karena tidak ada waktu ke kantor pajak, jadi ketika saya mengirimkan Laporan SPT tahunan saya juga melampirkan surat permohonan permintaan “formulir perubahan data NPWP” untuk dikirimkan ke alamat saya. Format suratnya seperti berikut: Perubahan Data NPWP

Beberapa hari kemudian (sekitar 1-2 minggu, saya lupa) saya mendapat telepon dari KPP Batang. Petugas menanyakan mengenai permohonan saya dan memberitahukan kalau berkas permohonan saya sudah dikirimkan ke KPP tujuan (Semarang Tengah II) , dan saya diminta langsung datang ke KPP tersebut untuk mengambil kartu yang baru.

Saya cukup kaget dengan telepon itu, ternyata pelayanan masyarakat saat ini benar-benar telah banyak kemajuan. Kemudian saya langsung telepon ke KPP yang baru untuk sekedar kroscek dan menanyakan kebenarannya. Ternyata benar saja, saya langsung diminta datang ke kantor untuk mengambil kartu NPWP yang baru dan menyerahkan kartu yang lama. Karena saya berhalangan jadi saya minta apakah bisa untuk diwakilkan, dan ternyata bisa.

Hari berikutnya, suami saya yang datang ke KPP Semarang Tengah II tapi ternyata petugas yang menangani sedang tidak ada di tempat. Jadi hari berikutnya datang kesana lagi, dan benar saja Kartu NPWP saya yang baru sudah jadi dengan alamat sesuai KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Saya sangat berterima kasih atas pelayanan yang baik dari semua petugas di KPP. Semoga pelayanan publik semacam ini bisa terus ditingkatkan kualitasnya agar masyarakat semakin terbantu. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi bagi yang belum tahu atau sedang bingung untuk mengurus perpindahan alamat NPWP.

 
2 Comments

Posted by on 17/10/2011 in Pelayanan publik

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Pindah alamat KPP

  1. Ronald

    08/03/2012 at 7:40 am

    Makasih informasinya Mbak, saya merasa terbantu dengan artikel Mbak ini. Saya sendiri sudah terlanjur melaporkan SPT Tahunan saya, mungkin tahun depan saya sekalian lampirkan form perubahan data.

    Thanks

     
    • seduhteh

      13/03/2012 at 1:25 am

      Sama-sama Mas Ronald, senang bisa membantu….

       

Leave a Reply

 
