RSS

Perpanjangan SIM C

13 Oct

Mungkin hampir semua orang khususnya pengendara sepeda motor sudah pernah melakukan perpanjangan SIM C. Nah, disini saya hanya mau berbagi pengalaman saya saat melakukan perpanjangan SIM C melalui fasilitas mobil SIM Keliling.

Kebetulan alamat SIM C saya masih menggunakan alamat saya yang lama di Kendal, dan saat ini saya sudah pindah ke Semarang dengan alamat KTP yang baru. Dan kalau harus ke Kendal untuk perpanjangan SIM C saja sepertinya tidak efisien. Nah mulailah saya mencari tahu lewat teman, saudara dan pastinya internet. Akhirnya saya menemukan beberapa informasi mengenai hal ini, dan sangat membantu untuk bekal saya.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengurus perpanjangan SIM C di mobil SIM keliling yang ada di Simpang Lima (tepatnya di depan Court). Saya datang jam 07.30, eh ternyata mobil yang saya cari belum ada. Akhirnya saya, suami dan anak saya muter-muter dulu sambil nunggu sampai jam 08.15. Nah bener mobilnya sudah ada di sana, dan para petugasnya sedang menyiapkan segala macam peralatannya.

Yang harus disiapkan untuk perpanjangan SIM C adalah:

  1. SIM C Asli (harus masih aktif, karena kalau sudah terlambat tidak bisa mengurus di Mobil SIM Keliling)
  2. KTP Asli (hanya dilihat saja sama petugasnya)
  3. Foto copy KTP 2 lembar (kalau lupa disana juga disiapkan mesin foto copy, tapi tentunya tidak gratis)
  4. Pulpen (untuk mengisi formulir), tapi jangan khawatir kalau kita lupa (seperti saya) disana juga ada yang jual, harganya Rp. 2000,-

Sekarang urutan prosesnya seperti berikut:

  1. Diusahakan datang pagi, jadi belum banyak yang antri.
  2. Datang ke petugas yang pertama (bukan polisi) serahkan foto copy KTP (2 lembar), SIM C asli dan KTP asli.
  3. Petugas akan memberikan formulir untuk diisi dan mengembalikan KTP asli.
  4. Kita isi formulirnya, kalau kita bingung petugasnya juga akan membantu.
  5. Kita kumpulkan lagi ke Petugasnya, kemudian kita tunggu untuk dipanggil (disediakan banyak kursi disana).
  6. Nama kita dipanggil, kita masuk ke mobil (3-4 orang).
  7. Petugas (Polisi) mengisi data di komputer, kita diambil fotonya dan tanda tangan.
  8. Tunggu sebentar (tidak ada 5 menit) SIM C baru kita sudah jadi.
  9. Bayar di Petugas (bukan polisi), waktu itu saya Rp. 120.000,- (luar kota) mungkin yang dalam kota Semarang lebih murah.

Untuk yang luar kota seperti saya, harus sedikit sabar, karena harus menunggu system ONLINE dulu. Pengalaman saya sekitar 1 jam. Karena menurut keterangan Petugasnya system Online-nya tidak pasti jam-nya. Tapi saya SANGAT merekomendasikan!!!

 
8 Comments

Posted by on 13/10/2011 in Pelayanan publik

 

Tags: , , , , , ,

8 responses to “Perpanjangan SIM C

  1. Dedy_Fuadi

    16/02/2013 at 5:52 am

    maksutnya sistem online itu bagaimana ya? saya juga hendak memperpanjang SIM C namun diluar daerah asal, mohon penjelasannya

     
    • seduhteh

      19/02/2013 at 6:07 am

      Terima kasih sudah mmapir di seduhteh,

      Sistem online maksudnya adalah terkoneksi secara digital melalui suatu media, jadi kalau dalam hal ini maksudnya adalah walaupun kita berjarak jauh (sedang di luar kota misalnya) tetap dapat melakukan perpanjangan SIM C di kota tempat kita tinggal, asalkan di kota tempat kita tinggal menyediakan layanan perpanjangan SIM C online. Kira-kira begitu penjelasannya, semoga membantu. Selamat mencoba..

       
      • Dedy_Fuadi

        19/02/2013 at 11:07 am

        belum paham juga saya… setau saya, jika kita akan melakukan perpanjangan SIM C, kita harus memiliki KTP beralamat di kota yang kita tinggali.. contoh, dalam kasus saya, saya sekarang sedang menimba ilmu di Samarinda kaltim, namun KTP saya tetap KTP Pekalongan jateng. Nah, apakah yang di maksud sistem online itu akan menghilangkan syarat utama tersebut? yaitu syarat untuk memiliki KTP setempat.

         
      • seduhteh

        20/02/2013 at 12:56 am

        Maaf kalau penjelasan saya kurang jelas. Pengalaman yang saya tulis adalah untuk wilayah Jawa Tengah (seperti jika Anda dari Pekalongan dan ingin memperpanjang di Semarang), kalau untuk di luar provinsi seperti kasus Anda saya kurang paham. Lebih baik bisa ditanyakan langsung ke Pihak yang bersangkutan. Terima kasih.

         
      • andung anantha

        10/04/2013 at 2:48 am

        kl sdh telat ga bs online ya?

         
      • seduhteh

        10/04/2013 at 5:44 am

        Iya nggak bisa….

         
  2. motiv

    28/08/2014 at 7:26 am

    Mobil SIM kelilingnya Semarang nya dimana ..

     
    • seduhteh

      28/08/2014 at 10:41 am

      Biasanya di simpang lima atau di depan LP wanita Bulu.

       

Leave a Reply

 
