RSS

Junk Email

06 Mar

junkfolder

Junk jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah barang rongsokan atau buangan. Jadi yang dimaksud dengan junk e-mail adalah e-mail yang dianggap sebagai sampah atau tidak berguna oleh Microsoft Outlook. Padahal, kadang kita sering mendapati e-mail yang masuk ke dalam folder junk e-mail tersebut adalah e-mail yang bermanfaat untuk kita.

Microsoft Office Outlook memiliki Junk E-mail Filter yang secara otomatis menyaring pesan Anda, namun Anda dapat membuat dan mengelola daftar yang menyesuaikan filter dengan menetapkan alamat e-mail dan nama domain yang harus diperbolehkan dan yang harus diblokir.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatur junk e-mail di dalam Microsoft Outlook.

Menambahkan nama dalam daftar pengirim aman (Safe Senders List)

Jika Junk E-mail Filter keliru menandai sebuah e-mail sebagai junk, Anda dapat menambahkan nama pengirim ke dalam Safe Senders List. Alamat e-mail dan nama domain yang muncul di dalam Safe Senders List tidak akan pernah diperlakukan sebagai junk.

  1. Pada menu Tools, klik Options.
  2. Pada tab Preferences, E-mail, klik Junk E-mail.
  3. Klik tab Safe Senders,
  4. Klik Add.
  5. Pada kotak dialog Add address or domain, masukkan nama atau alamat e-mail yang Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat menambahkan jenis alamat berikut: ganendra@gmail.com; @gmail.com atau gmail.com
  6. Klik OK.

CATATAN:

Jika Anda menginginkan semua contact Anda untuk dianggap sebagai safe senders, pilih kotak centang Also trust e-mail from my Contacts.

Beberapa orang yang berhubungan dengan Anda mungkin tidak terdaftar di dalam contact Anda. Jika Anda ingin semua orang itu dianggap sebagai safe senders, pilih kotak centang Automatically add people I e-mail to the Safe Senders List.

Untuk menambahkan nama pengirim, nama domain, atau nama mailing list ke dalam Safe Senders List, klik kanan pesan dari sumber yang dianggap aman. Pada shortcut menu, pilih Junk E-mail, dan kemudian klik Add Sender to Safe Senders List atau Add Sender’s Domain (@example.com) to Safe Senders List.

Untuk menghilangkan nama dari Safe Senders List, pada tab Safe Senders, klik nama yang Anda ingin hilangkan, dan kemudian klik Remove.

Untuk mengubah nama di dalam Safe Senders List, pada tab Safe Senders, klik nama yang ingin Anda ubah, dan kemudian klik Edit.

Jika Anda menggunakan Microsoft Exchange e-mail account, semua nama dan alamat email yang ada di dalam buku alamat organisasi (atau juga dikenal sebagai Global Address List) akan secara otomatis dianggap sebagai aman.

Menambahkan nama ke dalam daftar penerima aman (Safe Recipients List)

Jika Anda termasuk ke dalam mailing lists atau daftar distribusi, Anda dapat menambahkan nama tersebut ke dalam Safe Recipients List Anda sehingga setiap pesan yang Anda kirimkan ke alamat email atau nama domain tersebut tidak akan dianggap sebagai junk.

  1. Pada menu Tools, klik Options.
  2. Pada tab Preferences, E-mail, klik Junk E-mail.
  3. Klik tab Safe Recipients.
  4. Klik Add.
  5. Pada kotak dialog Add address or domain, masukkan nama atau alamat yang Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat menambahkan jenis alamat berikut: ganendra@gmail.com; @gmail.com atau gmail.com.
  6. Klik OK.

CATATAN:

Untuk menambahkan secara cepat nama pengirim, nama domain, atau nama mailing list ke dalam Safe Recipients List, klik kanan pesan dari sumber yang Anda anggap aman. Pada shortcut menu, pilih Junk E-mail, dan kemudian klik  Add Recipient to Safe Recipients List.

Untuk menghilangkan suatu nama dari Safe Recipients List, pada tab Safe Recipients, klik nama yang Anda ingin hilangkan, dan kemudian klik Remove.

Untuk mengubah nama pada Safe Recipients List, pada tab Safe Recipients, klik nama yang Anda ingin ubah, dan kemudian klik Edit.

Jika Anda menggunakan Microsoft Exchange e-mail account, semua nama dan alamat e-mail di dalam buku alamat organisasi Anda (atau juga dikenal sebagai Global Address List) akan secara otomatis dianggap sebagai aman.

Menambahkan nama ke daftar pengirim yang diblokir (Blocked Senders List)

Anda dapat dengan mudah memblokir pesan dari pengirim tertentu dengan menambahkan alamat email atau nama domain pengirim ke dalam Blocked Senders List. Pesan dari alamat email atau nama domain di dalam daftar tersebut akan selalu dianggap sebagai junk. Jika Anda menambahkan pengirim ke dalam Blocked Senders List, Outlook memindahkan setiap pesan yang masuk dari pengirim tersebut ke dalam folder Junk E-mail.

  1. Pada menu Tool, klik Options.
  2. Pada tab Preferences, E-mail, klik Junk E-mail.
  3. Klik tab Blocked Senders.
  4. Klik Add.
  5. Pada kotak dialog Add address or domain, masukkan alamat e-mail atau nama domain yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin menambahkan jenis alamat berikut: ganendra@gmail.com; @gmail.com atau gmail.com.
  6. Klik OK.

Outlook melakukan pencocokan akhiran (suffix), yang berarti bahwa jika Anda memasukkan gmail.com ke dalam Blocked Senders List, maka setiap email dari domain yang berakhiran gmail.com akan diblokir.

CATATAN:

Untuk menambahkan secara cepat nama pengirim ke dalam Blocked Senders List, klik kanan pesan dari pengirim tersebut. Pada shortcut menu, pilih Junk E-mail, dan kemudian klik  Add Sender to Blocked Senders List.

Jika Anda sudah memiliki daftar nama dan alamat e-mail yang diblokir, Anda dapat memindahkan informasi tersebut ke dalam Outlook dengan menyimpan daftar tersebut sebagai file teks (.txt) yang memiliki satu entri per baris, dan kemudian impor daftar tersebut ke dalam Outlook.

Untuk menghilangkan nama dari Blocked Senders List, pada tab Blocked Senders, klik nama yang Anda ingin hilangkan, dan kemudian klik Remove.

Untuk mengubah nama di dalam Blocked Senders List, pada tab Blocked Senders, klik nama yang Anda ingin ubah, dan kemudian klik Edit.

Sedikit tambahan ilmu lagi yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan tulisan di atas secara lengkap dalam bentuk pdf silahkan klik link berikut: seduhteh-junk email

Silahkan lihat juga tulisan saya yang lain tentang Microsoft Outlook:

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on 06/03/2013 in Microsoft Outlook

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: